Peduli Lingkungan, Prioritas Bersihkan Lokasi Wisata

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.173

PADANG – PT Semen Padang, Sumatera Barat, yang dinyatakan berhasil mempertahankan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beberapa waktu lalu, tidak hanya berbuat untuk kawasan perusahaan, tapi juga berdampak di luar perusahaan.

Proper Hijau merupakan bentuk keberhasilan Semen Padang dalam pengelolaan lingkungan lebih baik. Ke depan ditargetkan, PT. Semen Padang bisa meraih Proper Gold.

Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto, menggatakan, keberhasilan PT Semen Padang dalam memperoleh Proper Hijau, merupakan upaya bersama untuk menjaga lingkungan.

Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto/ Foto: M. Noli Hendra

“Untuk itu, keberhasilan itu tidak hanya diterapkan di kondisi lingkungan sekitar perusahaan, tapi turut diterapkan kepada lingkungan luar dari perusahaan, seperti di kawasan pariwisata yang ada di Kota Padang,” katanya, Kamis (2/8/2018).

Ia menjelaskan, kepedulian PT. Semen Padang terhadap lingkungan juga melibatkan sejumlah pihak, tidak hanya kepada perbankan, tapi juga melibatkan TNI AL Lantamal II Padang. Seperti hari ini, PT. Semen Padang bersama Lantamal II melakukan bersih-bersih lokasi wisata Pantai Padang, tepatnya di wisata Muaro Lasak.

Kegiatan bersih pantai tidak mengutip setiap sampah yang bertebaran di tepi pantai, tapi juga melakukan pemotongan rumput di taman, mengecat sejumlah infrastruktur di kawasan wisata Muaro Lasak Padang.

“Kegiatan bersih pantai ini, bentuk kepedulian PT. Semen Padang terhadap lingkungan di lokasi wisata. Alasan memilih wisata, karena wisata merupakan lokasi yang ramai dikunjungi dan menjadi perhatian banyak orang. Untuk itu, lokasi wisata perlu bersih, agar terwujud rasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Menurutnya, kepedulian terhadap lingkungan, tidak hanya menjadi tanggungjawab petugas orange. Tapi merupakan tanggungjawab bersama. Seperti halnya dengan yang dilakukan PT. Semen Padang bersama Lantamal II kali ini, yang memiliki komitmen mewujudkan lingkungan yang bersih.

Tri juga mengatakan dengan adanya kegiatan bersih-bersih bersama itu, dapat menggugah keinginan masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan yang bersih. Bahkan, jika rasa peduli terhadap lingkungan itu tinggi, bisa dikatakan menjaga lingkungan bersih menjadi budaya bersama untuk hidup bersih.

“Kali ini jumlah karyawan PT. Semen Padang bersama Lantamal II mencapai 150 lebih. Mereka akan bekerja dan menyebarkan memberikan lokasi wisata Muaro Lasak,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kegiatan serupa juga akan digelar hingga bulan-bulan mendatang, dan menyasar lokasi wisata. Tujuannya, Semen Padang menginginkan Padang bersih dan menginsipirasi masyarakat ikut mewujudkan lingkungan yang nyaman dan sehat.

Selain itu, turut peduli dengan keberhasilan di lingkungan lokasi wisata. PT. Semen Padang juga turut mendukung keberhasilan dari sisi fasilitas. Sejauh ini, bak sampah yang merupakan bantuan dari PT. Semen Padang telah disebarkan di seluruh daerah di Sumatera Barat.

“Kalau bak sampah tidak ada, bagaimana bisa untuk mengumpulkan sampah dari yang telah dikutip. Jadi, kita dukung dari sisi fasilitasnya, ya seperti memberikan bantuan bak sampah,” terangnya.

Tidak hanya itu, bentuk kepedulian PT. Semen Padang terhadap lingkungan lainnya, yakni juga telah memberikan bantuan terhadap Dinas Lingkungan Kota Padang dalam bentuk mobil kontainer. Hal itu bentuk dukungan PT. Semen Padang, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Baca Juga
Lihat juga...