Pelajar Lampung Selatan Sambut Obor Asian Games 2018

Editor: Mahadeva WS

509

LAMPUNG – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Lampung Selatan, menyambut kedatangan pawai obor Asian Games XVIII, di sepanjang Jalan Lintas Sumatera hingga Menara Siger.

Nun Badariah, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KS3) Bakauheni menyebut, ratusan siswa tersebut, berasal dari sejumlah sekolah di Bakauheni dan sekitarnya, seperti SD di Bakauheni, Penengahan dan Kalianda. Pawai api obor Asian Games menjadi sebuah peristiwa langka bagi pelajar di Lampung Selatan, sehingga dilakukan penyambutan secara meriah.

Sejumlah sekolah dari tingkat SD hingga SMA yang berada di dekat Jalan Lintas Sumatera, membariskan siswanya, berjajar rapi, menyambut kedatangan obor Asian Games. Sebelumnya, api obor Asian Games XVIII telah singgah di beberapa kota di Sumatera, dan terakhir berada di kota Bandarlampung. Selanjutnya akan dilanjutkan perjalanan menuju ke Menara Siger Bakauheni.

Api obor Asian Games tiba di Menara Siger Kamis (9/8/2018) sekira pukul 07.30 WIB. Api diturunkan sejenak dari kendaraan bernomor polis B1166UIK di land mark simbol mahkota khas wanita Lampung tersebut. Ratusan pelajar dari beberapa sekolah menyambut dengan mengibarkan bendera merah putih, kemudian mengiringi perjalanan api obor menuju dermaga II Pelabuhan Bakauheni.

Anton Murdianto,GM ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni menerima api obor Asian Games XVIII sebelum diseberangkan dengan KMP Batu Mandi dari Bakauheni ke Merak [Foto: Henk Widi]
“Kami sudah memantau perjalanan api obor Asian Games XVIII dan para pelajar terlihat antusias karena momen langka yang tidak bisa disaksikan oleh pelajar dalam beberapa tahun ke depan,” terang Nun Badariah kepada Cendana News, Kamis (9/8/2018).

Nun Badariah menyebut, momen pawai obor Asian Games sebagai hal yang istimewa, karena diselenggarakan empat tahun sekali. Apalagi baru kali ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, setelah para penyelenggaraan ke-4 di 24 Agustus 1962. Artinya, setelah 56 tahun berlalu, Indonesia kini kembali menjadi tuan rumah Asian Games.

Aisah(12), salah satu siswa kelas VI SDN 2 Bakauheni menyebut, dirinya sangat senang bisa melihat langsung api obor Asian Games XVIII melintas di Bakauheni. Bersama 460 siswa dari SDN 2 Bakauheni, Aisah menyempatkan diri untuk berfoto dengan api obor Asian Games.

Api obor Asian Games XVIII di Menara Siger, diserahkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Fredy Sukirman, yang hadir di dampingi Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol (Arm) Untoro Hariyanto, Kapolres Lampung Selatan AKBP M.Syarhan, serta forum komunikasi pimpinan Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Api obor Asian Games XVIII di Menara Siger kemudian dibawa langsung menuju ke dermaga II Pelabuhan Bakauheni. Api obor Asian Games kemudian diserahkan Sekda Lamsel Fredy Sukirman kepada Dandim dan Kapolres Lamsel, kemudian di estafetkan ke Anton Murdianto, selaku General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni. Api obor Asian Games kemudian akan dibawa ke Banten dan akan menuju Jakarta untuk pembukaan Asian Games XVIII di Jakarta pada 18 Agustus mendatang.

Baca Juga
Lihat juga...