Pembongkaran JPO, Anies: Bundaran HI Terkesan Elegan

Editor: Makmun Hidayat

1.579

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali meninjau lokasi pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, di mana pengerjaan pembongkarannya selesai tepat waktu.

“Saya dapat laporan tadi pagi sudah selesai dan alhamduliah tuntaskan hari ini,” ucap Anies di lokasi, Selasa (31/7/2018) sore.

Sedangkan untuk area penyeberangan diatasnya yang menghubungkan JPO ke masing-masing sisi sudah berhasil diturunkan.

“Alhamdulillah berjalan lancar, dan paling penting dari semua proses ini adalah aman. Proses ini dikerjakan malam,” katanya.

Anies mengatakan penurunan JPO tersebut dipimpin oleh pihak PT MRT hingga selesai. Ia menilai, pembongkaran JPO membuat suasana di Bundaran HI terkesan elegan dan terlihat jelas.

“Nanti atlet datang, patung tersebut terlihat jadi lebih baik tanpa terhalang apapun,” katanya.

Sebagai pengganti JPO, Pemprov DKI mendesain pelican crossing dan zebra cross sebagai tempat penyeberangan. Area itu dilengkapi tombol lampu merah agar masyarakat dapat menyeberang.

Kawasan pelican crossing juga dijaga petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang turut membantu penyeberang jalan dan mengatur lalu lintas.

Menurut anggota Dinas Perhubungan, Adi Jaka yang sedang bertugas membantu serta mengatur lalu lintas mengatakan masih banyak warga yang belum terbiasa dengan hadirnya pelican crossing. Namun di hari pertama ini, dia melihat antusias warga cukup positif.

“Ini kan masih hari pertama percobaan ya. Tapi sudah terlihat positif, walaupun masih banyak warga maupun pengendara yang masih belum terbiasa,” sebut Adi di kawasan Bunderan HI.

Penjagaan ini, kata Adi, dilakukan sebanyak tiga shift selama 24 jam. Namun saat dini hari situasi di sekitar lokasi tersebut sepi. Dia tetap berada dilokasi agar lebih terjamin dan akan di-rolling penempatannya.

“Ya kalau sepi kita tetap di sini, kendaraan pun sudah banyak berkurang. Kalau enggak kita di-rolling lokasinya,” tuturnya.

Dari pantauan Cendana News di lokasi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, itu tanpa melihat situasi lalu lintas serta memandang patung Selamat Datang yang sudah tidak terhalang JPO lagi.

Bahkan Anies melakukan swafoto dengan latar belakang patung Selamat Datang. Hal itu menjadi perhatian warga yang melintas, sambil berteriak memanggil nama Anies dan melambaikan tangan, gubernur pun membalasnya dengan melambaikan tangan dan tersenyum.

Selain itu, gubernur juga mencoba kembali pelican crossing yang waktunya 21 detik dengan ada suara tanda boleh menyeberang. Dalam tinjauannya itu, Anies terlihat beberapa kali menyeberang menggunakan pelican crossing tersebut.

Diketahui, JPO tersebut baru dirobohkan Senin malam sekitar pukul 21.00 WIB, dan selesai hingga sekitar pukul 3.30 WIB dini hari. JPO tersebut dirobohkan lantaran dinilai telah menghalangi patung Selamat Datang yang terletak di tengah Bundaran HI. Dari hasil penurunan JPO tersebut hanya tersisa bagian tangga saja.

Baca Juga
Lihat juga...