Pemutakhiran Data Berjalan, DPS Pileg di Balikpapan Bertambah

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

205
Komisioner KPU Balikpapan, Endang Susilowati. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Proses pemutakhiran data pemilih Pemilu 2019, masih dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara di Balikpapan. Nantinya data tersebut akan diplenokan menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPHSP).

Berdasarkan data sementara, jumlah DPD mengalami kenaikan dari sebelumnya. Saat ini jumlah DPSHP sebanyak 430.079 pemilih dari sebelumnya 425.978 pemilih.

“Proses perbaikan masih berlangsung dan kini yang telah selesai dilakukan pemutakhiran data yaitu Kecamatan Balikpapan Kota dari enam kecamatan,” ucap Komisioner KPUD Balikpapan, Endang Susilowati, Jumat (10/8/2018).

Ia menyebutkan, dari data pemilih sementara itu terjadi kenaikan sedikit dari data sebelumnya. Namun terus bergerak karena diinput dengan aplikasi daftar pemilih.

“Dalam pemutakhiran tidak ada lagi perubahan pemilih baru, TMS maupun perubahan data mulai hari ini (10/8). Bahkan untuk pemilih yang pindah TPS,” ujar Endang.

Pleno pemutakhiran data di tingkat Kecamatan pada 13 Agustus 2018, selanjutnya akan bersiap penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Menurut Endang, setelah pleno pemutakhiran data pemilih tingkat kecamatan maka KPU mulai melakukan persiapan untuk memproses setiap tanggapan masyarakat terkait DCS.

“Kalau tidak ada tanggapan, berarti ya aman-aman saja dan tetap masuk di Daftar Caleg Tetap nantinya,” tandasnya.

Sementara itu, KPU mencatat terdapat 630 bakal caleg telah masuk ke dalam DCS. Jumlah itu diketahui setelah dilakukan proses pendaftaran dan adanya bakal calon yang digugurkan karena tidak memenuhi syarat pencalonan.

Baca Juga
Lihat juga...