Perda KSTR Disahkan, Dilarang Merokok di Sembarang Tempat di Balikpapan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

363

BALIKPAPAN — Usai melalui proses pembahasan, akhirnya Rancangan Peraturan daerah (Raperda) Kawasan Sehat Tanpa Rokok (KSTR) disahkan menjadi Perda oleh DPRD dan Pemerintah Kota Balikpapan dalam Rapat Paripurna, Selasa Sore (7/8/2018). 

Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud meminta kepada penikmat rokok setelah perda ini disahkan maka tidak merokok di sembarang tempat, khususnya di tempat umum atau kawasan yang sudah ada larangan.

“Kami sangat mengapresiasi pengesahan perda ini dan sangat berterimakasih karena telah menyetujui perda KSTR,” ucapnya usai pengesahan Perda KSTR.

Dikatakan Rahmad, dengan adanya perda KSTR maka tak lagi diperbolehkan merokok di sembarangan tempat. Sebagai mana diketahui, Perda ini mengatur penikmat rokok dilarang merokok di tempat umum, di perkantoran, di rumah sakit, di lingkungan pendidikan serta di tempat rumah ibadah.

“Sekarang tidak boleh merokok sembarang tempat. Perokok juga harus melihat tempat mana saja yang diperbolehkan merokok,” tandas Politikus Golkar ini.

Ia pun meminta semua pihak secara bersama-sama terlibat atau mengawasi bagaimana Perda KSTR ini berjalan efektif.

“Bukan berarti melarang merokok, tetapi ada tempat-tempat khusus perokok. Kita saling menghargai antara perokok dan yang tidak merokok,” imbuh Rahmad.

Selain perda KSTR, DPRD bersama Pemkot Balikpapan juga mengesahkan Perda Perusahaan Daerah (Perusda) Balikpapan dan izin Gangguan.

Lanjut Rahmad, Perda Perusda tak ada pembatasan usia untuk menduduki jabatan, yang penting memiliki pola pikir produktif dan motivasi yang tinggi untuk memajukan perusahaan plat merah itu.

“Perusda ini mencari profit atau pertumbuhan untuk pendapatan asli daerah, sehingga harus punya motivasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan semua pihak saling mengawasi dengan dikeluarkannya perda untuk mengatur ketertiban umum di Balikpapan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.