Perenang China, Sun Yang Raih Medali Emas

308
Maskot Asian Games cabang olahraga renang - Foto: Dok. asiangames2018.id

JAKARTA — Perenang China peraih medali emas Olimpiade, Sun Yang, menyebut mempertahankan kondisinya yang sedang baik selama gelaran Asian Games 2018 adalah tantangan tersulit.

“Kondisi tubuh atau hidup seseorang berubah dari tahun ke tahun, jadi cukup menantang bagaimana mempertahankan kondisi tubuh,” ujar Sun Yang usai memenuhi target pribadinya membawa pulang medali emas Asian Games 2018 keempatnya dalam nomor 1.500 meter gaya bebas putra di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Jumat malam (24/8/2018).

Atlet berusia 26 tahun itu menuturkan dalam usianya kini dibutuhkan usaha yang lebih untuk mengungguli para perenang muda yang menjadi pesaingnya beradu cepat.

Dari empat nomor gaya bebas individu yang diikutinya, Sun Yang menilai nomor 200 meter dan 400 meter adalah yang tersulit karena jaraknya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.

Sun Yang menekankan menjadi unggulan harus memiliki mental yang kuat karena jalan yang ditempuh tidak akan mudah.

Jadwal hariannya berakhir pada tengah malam setelah unjuk kebolehan dalam perlombaan dan bangun pagi untuk bersiap ke perlombaan selanjutnya Apabila hanya satu atau dua pekan, menurut dia, tidak menjadi soal, tetapi hal tersebut dilakukan selama bertahun-tahun sehingga memerlukan keberanian yang besar untuk menjalaninya.

“Terkadang aku merasa hidupku membosankan, mengikuti rutinitas sama setiap hari, makan, latihan dan tidur. Terkadang aku pun temperamental,” kata Sun Yang.

Namun, Ia mengaku puas dapat menjalani itu semua dan mempertahankan kondisi yang baik sampai sekarang dengan capaian yang bagus. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...