Pessel Fokus Tangani Genangan Air di Pusat Kota Painan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

171
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Foto: M. Noli Hendra

PESISIR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat fokus menangani persoalan genangan air di kawasan pusat kota yang sering terjadi ketika hujan lebat. Terdapat beberapa titik yang sudah dideteksi menjadi penyebab.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, drainasenya tersumbat harus mendapat perhatian serius. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya menjadikan Painan menjadi kota yang nyaman, aman dan indah.

Meski kota yang kecil, sebutnya, namun sebagai ibu kota Kabupaten, tetap tidak terlepas dari persoalan lingkungan.

“Bila hujan sedikit saja, jalanan akan dipenuhi dengan genangan air yang disertai dengan sampah yang tidak karuan. Ini jelas akan menimbulkan ancaman penyakit bagi warga,” katanya, Rabu (8/8/2018).

Pihaknya menegaskan agar persoalan tersebut dapat menjadi perhatian dari dinas terkait. Pusat kota perlu menjadi perhatian bersama, ditambah Kota tersebut telah meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI yang menandakan bahwa lingkungan di daerah setempat benar-benar bersih.

Ditambah daerah tersebut menjadi salah satu destinasi wisatawan. Keindahan ibu kota menjadi nilai jual bagi pengunjung.

Diuraikan, sejauh ini upaya yang tengah dilakukan saat ini adalah melalui pembangunan alun-alun kota di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan. Pada tahap awal, Pemkab telah mengalokasikan Rp1 miliar untuk merelokasi pedagang.

“Hal itu kita lakukan, karena pada kawasan tersebut akan dibangun drainase yang sekaligus dilakukan pelebaran jalan. Cara itu dinilai tepat untuk mengatasi persoalan genangan air di pusat kota,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...