Petinju Putri Huswatun Melaju ke Perempat Final

157
Ilustrasi tinju - Foto: asiangames2018.id

JAKARTA – Petinju putri kelas ringan (60 kg) Indonesia, Huswatun Hasanah, memperbesar asa Indonesia untuk meraih medali dari cabang olahraga tersebut. Hasanah memastikan diri lolos ke perempat final, setelah sukses menaklukan petinju Kirzystan, Farida Pupova.

Dalam pertandingan tiga ronde di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (25/8/2018) malam, Hasanah tampil menekan, dan beberapa kali pukulan lurus (straight jab) nya sukses menghasilkan angka. Di ronde kedua, beberapa kali serangan jab Hasanah membuat Farida bergeming. Farida mencoba menerapkan pertahanan ganda, dan sesekali menyerang melalui pukulan samping (swing) dan lurus.

Di ronde ketiga, Hasanah tampil lebih dominan. Sorak-sorai ratusan pendukung Indonesia yang memadati tribun kanan Hall C JIEXPO Kemayoran membuatnya tampil lebih lepas. Petinju muda berusia 20 tahun itu, menuntaskan pertandingan perdananya dengan skor telak 5-0.

Usai laga, Hasanah mengatakan, kemampuannya meningkat signifikan setelah menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Manado, Sulawesi Utara. “Semua kemenangan ini berkat hasil kerja keras menjalani program latihan pelatnas selama 10 bulan,” ujarnya.

Hasanah menjadi petinju pertama Indonesia yang memastikan lolos ke perempat final. Dia akan menantang petinju senior India berusia 31 tahun, Pavitra. Hasanah pada awalnya tidak diunggulkan untuk meraih medali di Asian Games 2018. Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir (PP Pertina) mengatakan, potensi medali bersumber dari kelas layang (46-49 kg) putra, kelas terbang (49-52 kg) putra, kelas bantam (52-56 kg) putra, dan kelas ringan (56-60 kg) putra.

Kemenangan Hasanah di babak penyisihan tersebut, melengkapi tiga kejayaan petinju Indonesia pada babak penyisihan. Sebelumnya, petinju di nomor welter ringan (64 kg) Libertus Gha, petinju di kelas terbang ringan putra (49 kg) Mario Blasius Kali dan Sunan Agung Amoragam di kelas bantam (58kg) sudah lebih dulu lolos. Cabang tinju Asian Games 2018 memperebutkan 10 medali emas dan Indonesia mengikutkan semua atletnya di sepuluh nomor tersebut. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...