PMI Solo Berangkatkan Tim Kesehatan ke Lombok

Editor: Mahadeva WS

497

SOLO – PMI Solo mengirimkan tim kesehatan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/8/2018). Upaya tersebut sebagai respon penanganan bencana pasca gempa 7,0 Skala Richter (SR) yang terjadi di NTB, Minggu (5/8/2018).

Sekretaris PMI Solo Sumartono – Harun Alrosid

Sekretaris PMI Solo Sumartono menjelaskan, langsung ada koordinasi penanganan gempa tersebut dedengan berbagai daerah. Pengiriman tersebut mengikuti informasi dari PMI Jawa Tengah, yang meminta agar menyiapkan dan segera mengirimkan bantuan kesehatan ke Lombok.  “Baru saja di kontak PMI Pusat melalui Ketua PMI Provinsi Jateng , diminta dari PMI Solo berangkatkan tim medis,” kata Sumartono, Senin (6/8/2018) pagi.

Tim medis yang diberangkatkan ke Lombok tersebut terdiri dari, dua dokter, satu apoteker, dua perawat , tiga staf dan dan relawan. PMI Solo juga menyiapkan berbagai obat-obatan yang akan digunakan untuk penangan medis korban gempa. “Tim medis beserta paramedis diberangkatkan bersama satu unit ambulans dan satu unit mobil operasional double kabin,” tambah Sumartono.

Tim medis yang diberangkatkan ke Lombok tersebut, merupakan tim kesehatan yang beberapa kali membantu menangani korban bencana. Spesifikasi dokternya adalah dokter umum, yang dibutuhkan untuk penanganan korban bencana. “Sementara obat-obatan yang dibawa juga untuk penangan korban bencana,” imbuhnya.

Ketua PMI Solo Susanto menambahkan, tim kesehatan tersebut akan bertugas di Lombok selama satu pekan. Namun, jika di lokasi masih membutuhkan, PMI Solo juga akan mengirimkan tim medis susulan. “Kita berangkat untuk satu minggu dulu, karena petugas yang kita berangkatkan ini banyak perempuannya. Kalau masih dibutuhkan, kita kirim lagi,” ungkapnya.

Tim medis PMI Solo direncanakan tiba di Lombok pada Rabu (8/8/2018) lusa. Keberangkatan menggunakan jalur darat, menyusuri Tol Jawa Timur, Bali, hingga Lombok. “Tidak memungkinkan lewat bandara,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...