Polisi Ingatkan Nelayan Waspada Gelombang Pasang

177
Nelayan -Dok: CDN
SUNGAILIAT – Nelayan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diingatkan untuk mewaspadai gelombang pasang di sejumlah kawasan penangkapan yang diperkirakan mencapai empat meter.
“Saya ingatkan seluruh nelayan tradisional yang menggunakan berbagai kapasitas kapal dan alat tangkap yang sedang melakukan penangkapan di sejumlah kawasan perairan laut, agar mewaspadai gelombang pasang yang biasanya disertai angin kencang,” kata Kapolres Bangka, AKBP M.Budi Ariyanto, melalui Kasat Polair Polres Bangka, AKP Elpiadi di Sungailiat, Sabtu (4/8/2018).
Sebagaimana rilis yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang mencapai 4,5 meter yang dapat terjadi di perairan Selat Karimata pada Sabtu (4/8) ini.
BMKG juga mengimbau, agar masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,5 sampai 4,5 meter di perairan Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka.
Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 3,5 sampai 4,5 meter.
BMKG masih mengimbau masyarakat, agar mewaspadai potensi awan petir (awan cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.
Kasat menyarankan, bagi nelayan tradisional yang menggunakan kapal kapasitas kecil, agar tidak terlalu ke tengah laut, karena membahayakan.
“Antarnelayan yang sedang melakukan penangkapan hendaknya kalau bisa jangan berjauhan, serta harus dilengkapi dengan peralatan navigasi kapal,” katanya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...