Posdaya Mekarsari Bangun ‘Pujasera’ di Tepian Pantai

Editor: Koko Triarko

627
PADANG – Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Mekarsari Air Tawar Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, menjadi salah satu lembaga pemberdayaan masyarakat yang terhitung aktif melakukan beragam kegiatan usaha ekonomi produktif.
Saat ini, usaha ekonomi produktif yang tengah digiatkannya berupa membangun tiga pondok jajan pujasera (pusat jajan serba ada) di pinggir pantai. Sebuah perencanaan yang tepat, karena Padang terkenal dengan wisata pantai yang indah. Juga lokasinya berada persis di belakang komplek Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang (UNP).
Dari rencana tiga pondok jajan pujasera yang akan dibangun, dua di antaranya hampir selesai, dan satu lagi akan segera diprogramkan dalam waktu dekat ini.
Darnizal, pengurus Posdaya Mekarsari, mengatakan, bahwa dana pembangunan pujasera tersebut diusahakan mandiri, dari iuran anggota serta sumbangan dermawan yang berdomisili di selingkaran kampus UNP.
“Kini, pujasera telah beroperasi dan pelanggan merupakan ribuan mahasiswa UNP. Dan, kami usahakan semua yang dijual di pujasera ini sesuai dengan selera kita bersama, terutama anak-anak mahasiswa, murah meriah dengan harga terjangkau,” katanya, Jumat (24/8/2018).
Menurutnya, berada di lingkungan perguruan tinggi, dan banyak anak kos di kawasan tersebut, pujasera diyakini bisa memberikan penghasilan yang baik bagi sejumlah pedagang yang terlibat.
Ke depan, katanya, ditargetkan penambahan jumlah pujasera akan terus dilakukan, supaya perekonomian masyarakat di Air Tawar Barat dapat tumbuh dengan baik. Artinya semakin banyak didirikan pujasera, maka akan semakin bagus.
“Dengan demikian, akan terwujud pemerataan ekonomi bagi masyarakat di Air Tawar Barat,” katanya.
Ketua Harian Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Sumatra Barat, Parlagutan Nasution, mengatakan pengurus Posdaya Mekarsari dengan anggotanya mayoritas kaum ibu, bertekad mengembangkan usah pujasera tersebut sebaik-baiknya.
Ia menyebutkan, munculnya ide membangun pujasera di pantai belakang UNP itu sebagai upaya menyukseskan program pantai bersih yang dicanangkan Wali Kota Padang, Mahyeldi.
Meskipun baru diutamakan sekitar Purus, namun di pantai Air Tawar ini, di sinilah salah satu peran Posdaya Mekarsari turun langsung membangun pujasera. Di warung Pujasera itu ditampilkan beragam makanan dan minuman sesuai dengan selera mahasiswa, dengan harga terjangkau.
Posdaya ini juga memiliki PAUD, kelompok pengajian, dengan puluhan anggotanya bergiat dalam usaha ekonomi produktif, berupa warung makanan, warung kebutuhan rumah tangga, serta beragam makanan dan minuman lainnya.
Untuk mendorong usaha ekonomi produktif bagi anggotanya yang masih dhuafa, pihak LKKS bersama Baznas Sumatra Barat belum lama ini sudah mengucurkan dana sekitar Rp50 juta untuk Posdaya Mekarsari.
“Saya telah melihat dari dekat beragam usaha mandiri yang dilakukan Posdaya Mekarsari itu,” kata Parla.
Baca Juga
Lihat juga...