Potensi ASN Jangan Disia-siakan

Editor: Mahadeva WS

440
Pamong Senior Provinsi Sumatera Barat Yohanes Dahlan/Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Pemprov Sumatera Barat diminta untuk tidak menyianyiakan, potensi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dimiliki. Keberadaan ASN yang berprestasi, akan berdampak pada kemajuan dan kinerja pemerintahan setempat.

“Jika ada ASN yang berprestasi, kepala daerahnya mesti mendorong untuk ditingkatkan lagi, dengan cara dipromosikan jabatannya,” ujar Pamong Senior Provinsi Sumatera Barat, Yohanes Dahlan, saat melakukan penilaian, Kompetensi Camat Tingkat Provinsi, di ruang rapat Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Jumat (31/8/2018).

ASN yang sudah menjadi Camat dan berprestasi, memiliki peluang untuk ditingkatkan jabatannya. Camat yang masuk dalam penilaian Kompetensi Camat Tingkat Provinsi, seharusnya memiliki kesempatan promosi yang lebih terbuka. Dan kepala daerah perlu mempertimbangkan hal tersebut. “Nantinya, kita akan memberikan rekomendasi kepada kepala daerahnya bagi camat yang masuk dalam penilaian kompetensi Camat tingkat provinsi ini seharusnya sudah dipromosikan,” tambahnya.

Mengenai penilaian Camat berprestasi, yang diselenggarakan oleh Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, penilaian yang dilakukan diantaranya, aspek pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik, serta beberapa indikator lain. Camat yang masuk dalam penilain, akan mempresentasikan kinerjanya. Sementara tim penilai akan menindaklanjuti dengan kunjungan lapangan, untuk memastikan kesesuaian dengan kenyataan yang ada.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Iqbal Rama Dipayana menyebut, penghargaan kompetensi Camat tingkat provinsi, diberikan saat momen Rapat Koordinasi (Rakor) kepala daerah pada Oktober 2018 mendatang. Dengan program tersebut, kepala daerahnya dapat mengetahui kinerja camat mereka. “Kita harap dengan raiahan prestasi ini dapat mengundang perhatian kepala daerah,” tandasnya.

Penilaian kinerja tersebut, sesuai dengan rencana kerja Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, yang mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan roda pemerintahan.  Melalui penghargaan yang diberikan, akan memberikan peluang meningkatkan karir.

Enam nama yang masuk dalam penilaian kompetensi Camat tahap satu adalah, David Bachri, Camat Tigo Nagori, Kota Payakumbuh, Fiddria Fala, Camat Guguak, Kabupaten Limapuluhkota. Selanjutnya Handria Asmi, Camat Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Hendry yang merupakan Camat Air Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi. Kemudian Sarbaini Chan, Camat Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya dan Teddy Antonius, Camat Nanggalo, Kota Padang.

Keenam camat ini akan diikutkan dalam penilaian tahap dua, yang akan ditentukan tim penilai yang terdiri dari para pamong Senior Sumatera Barat, Yohanes Dahlan, Asnol Amri dan Asrul Syukur.

Baca Juga
Lihat juga...