Pucang Sawit Jadi Kampung Asian Games di Solo

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.406

SOLO — Beragam dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang muncul di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya di Solo, Jawa Tengah, yang meluncurkan Kampung Asia Games sebagai wujud suka cita sekaligus dukungan moril warga terhadap pesta olah raga terbesar di Benua Asia tersebut.

Pucang Sawit, yang berada di Jalan Ir Juanda dipilih sebagai Kampung Asian Games. Daerah tersebut disulap dengan berbagai lukisan mural dan pernak-pernik Asian Games.

Tepat di gapura pintu masuk juga terpasang bendera 47 negara yang menjadi peserta pesta olah raga yang dilaksanakan empat tahun sekali.

“Semangat nasionalisme dalam momentum Asian Games harus dipupuk kembali. Apalagi setelah 1962, kita kembali menjadi tuan rumah. Semarak pesta olah raga ini harus diwujudkan dari kampung ke kampung,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada awak media, Rabu (1/8/2018).

Semarak Asian Games yang dilakukan ini di antaranya adalah semangat patriotisme untuk mendukung atlit-atlit Indonesia. Selain itu, semangat warga juga ditunjukkan dengan menciptakan lingkungan akan kecintaan terhadap olah raga.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo
Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Foto: Harun Alrosid

Dengan adanya lukisan mural serta menghias kampung-kampung dengan pernik Asian Games, lingkungan jauh lebih indah dan tertata dengan rapi.

“Apalagi kalau di sudut-sudut kampung dilukis berbagai tokoh yang telah mengharumkan nama bangsa, tentu semangat untuk olah raga ini juga akan tinggi. Semangat untuk menata dan mempercantik lingkungan juga muncul,” imbuhnya.

Dengan adanya berbagai pernak-pernik Asian Games, baik dengan lukisan mural, umbul-umbul, spanduk atau baliho besar, dapat menjadi sarana sosialisasi sekaligus pembelajaran kecintaan olah raga terhadap masyarakat.

Peluncuran Kampung Asian Games di Solo juga untuk membangun spirit bagi kota-kota lain di Indonesia untuk menggelorakan pesta olah raga tersebut.

“Melalui Kampung Asia Games ini, kami juga sosialisasikan kampung-kampung lain untuk bersolek. Gerakan ini juga dilakukan di tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...