Sebagian Anak di Pulau Rimau Balak Sudah Diimunisasi MR

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

122

LAMPUNG — Sebagian anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di Dusun Gusung Berak, Dusun Peritaan Desa Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan sebagian sudah mendapatkan vaksin imunisasi Measles Rubella (MR).

Desi Novita, bidan desa di Pulau Rimau Balak menyebutkan, sejak awal pencanangan pada awal Agustus, sasaran penerima vaksin MR sebanyak 69 anak. Terdiri dari 40 murid di SDN 5 Sumur yang sudah divaksin.

“Dua siswa yang belum menerima imunisasi MR akan dibarengkan dengan pelaksanaan pemberian vaksin MR yang akan dilakukan di Posyandu pada awal September mendatang,” terang Desi Novita, bidan desa di Puskesdes Pulau Rimau Balak saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (24/8/2018)

Pemberian vaksin di wilayah Puskesmas rawat inap Ketapang menjadi salah satu daerah terjauh yang ada di perairan. Sebab sebagian besar berada di daratan.

Sesuai jadwal dilakukan di sebanyak 82 sekolah tingkat PAUD, SD, SMP yang berada di Kecamatan Ketapang, dan salah satu SD berada di Pulau Rimau Balak.

Desi Novita, bidan desa di Puskesdes Pulau Rimau Balak menyiapkan pemberian vaksin MR untuk murid SDN 5 Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Meneruskan informasi dari Syamsu Rizal, Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Puskesmas Ketapang, bidan Desi Novita menyebutkan, dari total 14.315 sasaran, sebanyak 9.773 di antaranya merupakan pelajar. Sementara 4.542 lainnya merupakan balita di sejumlah Posyandu.

Pelaksanaan imunisasi MR khusus untuk Posyandu dijadwalkan akan dilakukan pada September mendatang.

“Petugas mendatangi setiap sekolah sesuai jadwal sepanjang Agustus ini. Sementara September, di Posyandu untuk Balita dan anak putus sekolah yang belum mendapat vaksin MR,” terang bidan Desi Novita.

Sejauh ini ia menyebut pada pelaksanaan pemberian vaksin tidak ada orangtua siswa yang menolak. Selain itu petugas juga selalu memantau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Bidan Desi Novita juga memastikan sudah melakukan sosialisasi ke warga yang tinggal di Pulau Rimau Balak akan pentingnya pemberian vaksin MR. Campak dan Rubella disebutnya merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus.

“Anak dan orang dewasa yang belum pernah diberi imunisasi campak dan rubella beresiko tetular dan bisa berimbas komplikasi diare, pneumonia, radang otak, kebutaan, gizi buruk hingga kematian,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.