Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Diperiksa KPK

Editor: Mahadeva WS

145
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah - Foto Eko Sulestyono

JAKARTA — Penyidik KPK memanggil Indra Baskoro, Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indomesia. Indra akan bersaksi dalam kasus dugaan suap penyalahgunaan anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, Indra diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf, Gubernur Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) non aktif. “Benar yang bersangkutan dipanggil dan dimintai keterangan dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus korupsi yang menjerat tersangka Irwandi Yusuf,” jelasnya, Rabu (8/8/2018).

Hanya saja, Febri masih belum bisa memberikan keterangan detail, hubungan antara Indra dengan Irwandi dalam kasus tersebut. Keterangan saksi, akan disampaikan secara lengkap usai dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Febri menyebut, pemeriksaan Indra terkait penerimaan uang Rp500 juta yang diduga sebagai suap untuk Irwandi. Uang tersebut diduga merupakan pemberian tersangka Ahmadi, Bupati Bener Meriah, Provinsi Aceh. Uang tersebut diduga sebagai bagian dari commitment fee Rp1,5 miliar yang dijanjikan Ahmadi kepada Irwandi.

KPK menduga, ada permintaan sebesar 10 persen dari sebagian alokasi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) untuk Kabupaten Bener Meriah. Pemberian tersebut diduga bertujuan untuk mendapatkan sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Bener Meriah yang menggunakan anggaran DOKA.

Permintaan bagian delapan persen tersebut, untuk sejumlah oknum pejabat di tingkat provinsi. Sedangkan permintaan bagian sebanyak dua persen untuk penjabat di tingkat kabupaten. KPK meyakini, sebagian dari uang tersebut diduga dipergunakan untuk membiayai kegiatan lomba lari bertaraf internasional Aceh Marathon 2018.

Dalam kasus tersebut, penyidik KPK telah menetapkan empat orang tersangka, masing-masing Irwandi Yusuf, Ahmadi, Hendri Yuzal (staf khusus Gubernur Aceh dan Saiful Bahri, seorang pengusaha atau kontraktor.

Baca Juga
Lihat juga...