Seluruh Desa di Minahasa Tenggara Wajib Buat Profil

359

MINAHASA TENGGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara mewajibkan 135 desa di wilayahnya, menyiapkan serta menyajikan data yang akurat untuk membuat profil desa.

Perkembangan dan kemajuan desa, serta program kegiatan dari pemerintah desa harus disampaikan kepada masyarakat di dalam profil desa. “Setiap desa wajib menyiapkan serta menyajikan data atau informasi akurat serta akuntabel yang dituangkan dalam profil desa,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara Robby Ngongoloi, Selasa (7/8/2018).

Robby menyebut, profil desa akan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan desa secara berkelanjutan. Mulai dari tahap perencanaan, implementasi program dan kebijakan sampai pada capaian. “Nantinya itu akan dibandingkan dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Dengan demikian, seluruh perangkat desa diminta serius menyusun profil desa, sesuai dengan kondisi dan fakta yang ada di lapangan. “Semua Desa harus ada profilnya. Ini harus diperhatikan dan diseriusi aparat desa mengingat profil desa merupakan salah satu elemen penting dalam sistem perencanaan pembangunan,” tegasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Provinsi Sulawesi Utara, Ferry Singal menjelaskan, profil desa termasuk salah satu kebijakan pemerintah yang bisa dijadikan acuan dalam mengukur kualitas desa. “Profil desa ini merupakan ketersediaan data, sehubungan dengan gambaran menyeluruh dari perkembangan dan potensi desa,” tandasnya.

Penyusunan profil desa disebutnya, sesuai amanat Permendagri No.81/2015. Keberadaanya berkorelasi dengan tujuan dana desa, untuk mengukur sejauh mana penggunaannya dalam rangka pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...