Sembilan Atlet Bola Tangan Kaltim Masuk Skuat Timnas

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

280

BALIKPAPAN — Kalimantan Timur dapat berbangga, sebanyak sembilan atlet bola tangan Benua Etam berhasil masuk dalam Timnas Indonesia untuk Asian Games Jakarta-Palembang 18 Agustus nanti. Total ada 32 atlet putra dan putri yang jadi bagian tim tersebut.

Pelatih tim bola tangan Kaltim, Dwi Chandra Hariwibowo menjelaskan, atlet Kaltim bersama Jabar sejauh ini mendominasi skuat bola tangan Timnas untuk berlaga pada Asian Games nanti.

“Tentu ini sebuah kebanggaan bagi Kaltim, atlet-atlet kita bisa berbicara di level internasional apalagi membela nama bangsa,” ungkap Chandra, Selasa (7/8/2018).

Dia mengatakan, pada cabor bola tangan, persaingan dipastikan tak bakal mudah. Negara-negara seperti Jepang, Qatar, Tiongkok, Korea Selatan dan Arab Saudi selama dikenal merupakan kekuatan utama bola tangan di Asia.

“Kalau target dari pusat memang realistis yakni bisa lolos penyisihan grup. Memang persaingan di cabor ini sangat berat,” terang Chandra.

Berdasarkan drawing, baik tim putra maupun putri dipastikan bakal bertemu lawan tangguh. Tim putri bola tangan Indonesia tergabung di grup A bersama Korsel, Kazakhstan, Tiongkok dan Korea Utara. Sedangkan tim putra tergabung di grup C bersama Arab Saudi dan Hong Kong.

Chandra menambahkan, terpilihnya sembilan atlet ini sekaligus membuktikan bahwa sejauh ini Kaltim masih jadi salah satu barometer bola tangan selain Jabar.

“Sejak 2014 Kaltim selalu bisa menembus timnas. Ini membuktikan pembinaan atlet bola tangan di Kaltim sudah bagus,” kata dia.

Saat ini, ditambahkannya atlet yang bakal tampil di Asian Games sudah berkumpul di Jakarta untuk persiapan akhir. Tak hanya atlet, Kaltim juga menyumbang satu pelatih di skuat bola tangan Indonesia.

Baca Juga
Lihat juga...