Soto, Kuliner Khas Sepanjang Masa

Editor: Koko Triarko

216
MALANG – Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang mudah ditemui di banyak daerah dan disukai sepanjang waktu. Berbeda dengan kuliner kekinian yang marak bermunculan, namun kemudian mudah tergerus waktu.
Hal inilah yang mendasari Difri Maulana untuk tetap melestarikan menu tradisional khas Indonesia, dengan mengusung konsep Soto Seger 5.000 ‘Pas di Kantong Pas di Perut’. Konsep tersebut dihadirkan bukan tanpa alasan, karena selain menyajikan rasa soto yang nikmat, Soto Seger juga menawarkan harga yang sangat terjangkau.
Difri mengatakan, seseorang jika ingin memulai usaha, khususnya di bidang kuliner, harus mampu menyediakan apa yang dibutuhkan orang. “Setiap hari, tentunya orang butuh makan. Dan, orang makan tidak perlu yang ‘neko-neko’, yang penting makan, itu namanya kebutuhan,” ujarnya.
Karena itu, sambungnya, soto menjadi kuliner yang selalu ada di mana saja dan kapan saja.
Difri Maulana menyajikan semangkuk Soto Seger. –Foto: Agus Nurchaliq
Menurutnya, soto merupakan salah satu makanan tradisional yang selalu ada sepanjang masa. Berbeda dengan makanan kekinian yang cepat terkenal atau viral, tapi mudah tergerus zaman, karena kuliner kekinian biasanya hanya akan laku pada saat itu saja, sedangkan pada masa berikutnya pasti ada inovasi baru.
“Kalau makanan tradisional seperti soto, pecel, nasi goreng itu kan masakan sepanjang masa. Jadi, meskipun zamannya sudah berganti, pasti tetap ada yang berjualan dan tetap banyak yang menggemari,” ucapnya.
Lebih lanjut, Difri menyampaikan, alasan ketertarikannya memilih menjual soto, karena tidak sulit dalam pembuatannya, dan menguntungkan.
“Dan, paling penting yang namanya soto itu mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, pasti menyukainya. Apalagi, jika harganya terjangkau,” ungkapnya.
Menurutnya, konsep Soto Segar Rp5.000 sengaja dihadirkan untuk menarik minat masyarakat, karena harganya sengaja disesuaikan dengan kantong mereka. Meskipun harganya murah, g rasanya tidak murahan.
Dikatakan Difri, setiap orang pasti memiliki resep racikan rahasia masing-masing. Untuk bahan bumbu, sebenarnya hampir sama dengan soto pada umumnya, tapi yang membedakan mungkin hanya pada takarannya.
“Di sini kita tidak pelit bumbu, kita berani memberikan bumbu, sehingga rasa soto segar bisa lebih gurih dan sedap untuk dinikmati,” akunya.
Selain itu, katanya, hanya dengan Rp5.000, pembeli sudah dapat merasakan kenikmatan semangkuk soto seger lengkap dengan isian tauge, mie soun, koya, bawang goreng, telur dan daging ayam. Sedangkan untuk menu tambahannya tersedia sate usus, sate telur puyuh dan ceker.
Sementara itu, lokasinya yang berada di pinggir jalan raya tepatnya di jalan S. Supriadi, Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, membuat warung Soto Seger dapat dengan mudah ditemui.
Banyak pelanggan yang silih berganti berdatangan untuk menikmati kelezatan Soto Seger yang buka mulai pukul 08.00-19.00 WIB, ini.
Baca Juga
Lihat juga...