Sumbar Kirim 426 Kilogram Rendang untuk Korban Gempa Lombok

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

264

PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai mendistribusikan makanan rendang untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pengiriman tahap pertama, sebanyak 426 kilogram melalui jalur udara.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Rumainur mengatakan, pengiriman ke Lombok telah dilakukan siang tadi.

Sementara, untuk tahap kedua, hingga kini masih dalam proses pengumpulan ulang. Direncanakan, bantuan akan terus mengalir dari luar Kota Padang.

“Barusan Wakil Gubernur memberi tahu, beberapa daerah ada yang mau bantu. Jadi kami masih mengumpulkan di kantor BPBD,” ujarnya ketika dihubungi Rabu malam (8/8/2018).

bantuan rendang
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Rumainur. Foto: Ist

Rumainur mengatakan, dalam pengumpulan rendang bantuan untuk korban gempa Lombok dilakukan hingga dua hari kedepan. Namun apabila target tercapai lebih cepat maka pengiriman dilakukan secepatnya.

“Pengumpulan paling lambat dalam dua hari inilah. Semakin cepat (terkumpul) semakin cepat pula kami distribusikan,” jelasnya.

Terkait mengirimkan bantuan rendang ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merencanakan dapat menyumbangkan satu ton untuk membantu pemenuhan kebutuhan logistik masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terkena dampak gempa selama masa tanggap darurat.

Gerakan mengumpulkan rendang se-Sumatera Barat didorong oleh rasa empati dan kepedulian atas musibah gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 5 Agustus 2018, lalu.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, dengan adanya bantuan rendang itu merupakan sumbangan dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Bahkan jumlah sumbangan yang datang dari berbagai OPD bervariasi mulai dari lima kilogram hingga 20 kilogram. Pemprov Sumbar juga menerima sumbangan dari masyarakat umum yang peduli terhadap korban gempa NTB tersebut.

“Rendang yang terkumpul tersebut telah diantarkan langsung ke NTB untuk diserahkan pada satuan tugas di lapangan,” katanya.

Nantinya petugas yang ada di NTB, akan membagi sesuai kebutuhan korban gempa di lapangan. Nasrul juga menyatakan, pengumpulan rendang untuk bantuan korban bencana merupakan salah satu inisiasi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan sudah menjadi ciri khas Sumatera Barat, memberikan bantuan dalam bentuk rendang.

Selain itu, Pemprov juga berupaya mendorong dan mengumpulkan masyarakat Sumatera Barat lainnya untuk turut berpartisipasi.

“Alasan memilih rendang untuk disumbangkan karena memiliki cita rasa yang sangat lezat dan makanan tahan lama hingga satu bulan. Tentunya dapat membantu para korban di NTB,” ujarnya.

Direncanakan besok Wakil Gubernur Sumatera Barat akan memimpin langsung rombongan dan meninjau keadaan warga perantau dan keturunan Minang di NTB.

Baca Juga
Lihat juga...