Tahun Ini tak Ada Subsidi Asuransi Nelayan di Aceh Barat

1.742
Ilustrasi -Dok: CDN
MEULABOH – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Barat, Provinsi Aceh, menyatakan sudah tidak ada lagi subsidi pemerintah untuk peserta program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN).
Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian DKP Aceh Barat, Irfan, mengatakan, bahwa nelayan calon peserta penerima BPAN yang hendak mendaftar pada 2018, harus mengikuti program tersebut secara mandiri.
“Program asuransi nelayan pada 2018 tidak lagi disubsidi oleh pemerintah. Nelayan harus membayar premi secara mandiri atau individu setiap tahun Rp175 ribu,” katanya, Selasa (28/8/2018).
Irfan mengatakan, penerima manfaat tahun-tahun sebelumnya, jika telah habis masa berlakunya harus melakukan perpanjangan, atau memasukkan data ulang dengan mengisi form yang disediakan dinas.
Saat ini, asuransi nelayan mandiri terpercaya (SieMantap) terbagi atas tiga kelas, untuk kelas SiMantep Biru dengan pembayaran Rp175 ribu per tahun, SiMantep Jingga Rp100 ribu per tahun dan SiMantep Hijau Rp75 ribu per tahunnya.
“Masa berlaku Desember 2016 sampai Desember 2017 ada sebanyak 1.120 peserta, dan jumlah kepemilikan kartu asuransi nelayan yang masa berlaku Desember 2017 hingga Agustus 2018 berjumlah 178 orang,” katanya.
Hingga saat ini, jumlah pemilik premi Asuransi Nelayan di Aceh Barat hanya 1.300 dari total kuota 3.000 peserta yang seharusnya mendapat subsidi dengan masa berlaku selama satu tahun.
Meskipun pemerintah telah menetapkan, bahwa 2018 untuk nelayan yang mendaftarkan asuransi, kini pembayaran premi bersifat mandiri, namun pihaknya belum mengetahui untuk status para nelayan penerima manfaat itu secara pasti.
“Kalau yang sudah terdaftar sebagai peserta asuransi yang disubsidi pemerintah, jika telah habis masa berlaku, maka kita belum dapat arahan mereka akan dimasukkan ke kelas mandiri saat diperpanjang atau masih disubsidi pemerintah,” imbuhnya.
Irfan mengimbau nelayan yang masa pertanggungan atau masa berlaku kartu asuransi telah habis atau tidak berlaku lagi, segera melakukan perpanjangan. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...