Tak Memenuhi Syarat, 43 Bacaleg di Karanganyar, Mundur

Editor: Satmoko Budi Santoso

229

SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, menyebut ada 43 nama bakal calon legisltaif (Bacaleg) yang tidak memenuhi syarat. Sebagian besar bacaleg yang tidak memenuhi syarat karena mengundurkan diri.

Komisioner KPU Kabupaten Karanganyar Divisi Teknis, Muhammad Maksum, menyatakan, ada tiga penyebab yang mengakibatkan sebanyak 43 bacaleg di DPRD Karanganyar, tidak memenuhi syarat. Di antaranya tidak lengkapnya dokumen persyaratan pendukung Bacaleg, persoalan daerah pemilihan (dapil), serta bacaleg mengundurkan diri.

“Ada beberapa bacaleg yang sebenarnya memenuhi syarat, namun terbentur dengan syarat keterwakilan perempuan di sebuah Dapil. Hal inilah yang menyebabkan partai harus kembali menghitung dan menetapkan bacaleg. Ini yang mungkin menyebabkan bacaleg ada yang mundur,” kata Maksum saat ditemui awak media, Jumat (10/8/2018).

Menurut Maksum, memang ada sejumlah partai yang mengusung bacaleg di sebuah dapil namun tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan. Oleh KPU, partai politik telah diberikan wewenang untuk kembali mengatur sehingga keterwakilan perempuan 30 persen dalam setiap dapil ini terpenuhi.

“Sepertinya ada partai yang memang kesulitan atau bacaleg yang bersangkutan tidak sesuai. Sehingga bacaleg yang bersangkutan tidak dapat mengikuti Pileg 2019,” urai dia.

Disebutkan, dari 43 bacaleg yang tidak memenuhi syarat, ada 25 bacaleg di antaranya dilaporkan telah mengundurkan diri. Sementara 12 bacaleg lainnya dilaporkan tidak bisa memperbaiki dokumen yang menjadi persyarakat pencalonan. “Sementara ada 6 bacaleg yang dilaporkan tidak memenuhi syarat karena daerah pemilihan,” lanjutnya.

Dengan demikian, dari 486 total bacaleg yang mendaftarkan diri ke KPU, saat ini tinggal tersisa 443 orang. KPU sendiri akan mengumumkan ke publik Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk Pileg 2019 pada tanggal 12-14 Agustus 2018, besok lusa. Saat diumumkan nanti, KPU juga meminta informasi dari masyarakat jika masih ada yang tercecer terkait DCS.

“Saat diumumkan DCS infomasi dari masyarakat terkait bacaleg yang tidak memenuhi syarat dapat disampaikan ke KPU. Tentu kami akan menindaklanjuti informasi tersebut hingga klarifikasi kepada pihak yang bersangkutan,” tandasnya.

Baca Juga
Lihat juga...