Telaga Menjadi Tumpuan Aktivitas Warga Perbukitan Prambanan

Editor: Mahadeva WS

1.314

YOGYAKARTA – Keberadaan telaga di perbukitan kawasan Prambanan, Sleman, menjadi gantungan hidup sebagian besar warga di sekitarnya. Tak terkecuali di saat musim kemarau seperti saat ini. 

Meski airnya tak lagi menjadi tumpuan utama hidup seperti makan-minum dan mandi, sebagian besar warga masih memanfaatkan telaga untuk mencuci dan memandikan ternak seperti sapi dan kerbau. Namun kini telaga di Dusun Dawang Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman mengalami kerusakan.

Karsinem, warga dusun Dawang Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman – Foto: Jatmika H Kusmargana

Kebocoran di tanggul membuat air telaga menyusut hampir separuh lebih. “Adanya kebocoran itu membuat air telaga menyusut drastis. Saat musim kemarau seperti saat ini air tinggal sedikit, tidak cukup untuk mengairi lahan pertanian. Warga juga jarang mencuci disini, paling hanya memandikan sapi,” ujar Karsinem warga Dusun Dawang Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Rabu (1/8/2018).

Untuk keperluan minum dan mandi, warga di sekitar sudah memanfaatkan air dari Pamsimas atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. “Untuk pertama pasang Rp1,4 juga. Sedangkan biaya langganan dihitung per kubik. Rp8ribu per kubik nya. Jadi perbulan biaya yang dibayar tergantung berapa penggunaan. Kalau saya kemarin sebulan habis Rp45ribu,” ungkapnya.

Warga di kawasan perbukitan Prambanan tersebut memilih memanfaatkan air dari Pansimas karena airnya cukup bagus dan bersih. Selain itu, Pansimas juga menjadi sumber air bersih yang paling mungkin bisa dimanfaatkan warga. “Kalau sumur disini biaya lebih mahal. Karena harus pakai sumur dalam. Jadi buatnya susah dan mahal. Paling minim 16 meter. Itupun airnya kadang kotor,” tandasnya.

Karsinem berharap, kondisi telaga di dusunnya dapat segera diperbaiki, karena masih menjadi tumpuan berbagai macam aktivitas warga. Selama ini, warga sudah berupaya menambal, namun masih tetap belum mampu mengatasi kebocoran yang terjadi.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.