Tingkatkan Pelayanan, Mukomuko Targetkan Enam Puskesmas Terakreditasi

187
Puskesmas, ilustrasi - Dok: CDN

MUKOMUKO — Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Pemerintah Provinsi Bengkulu pada tahun ini menargetkan sebanyak enam Puskesmas terakreditasi sebagai upaya pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jhoni mengatakan target akreditasi Puskesmas tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya lima Puskesmas.

Sampai sekarang sebanyak tujuh dari 17 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang telah terakreditasi terhitung sejak tahun 2016 hingga 2017.

Ia menyatakan, tahun ini ditargetkan sebanyak enam Puskesmas yang tersebar di enam wilayah di daerah itu terakreditasi, yakni Puskesmas di Desa Bantal, Puskesmas di Desa Retak Mudik.

Kemudian Puskemas di Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, Puskesmas di Kecamatan Pondok Suguh, Puskesmas Desa Tunggal Jaya dan Puskesmas di Kecamatan Teras Terunjam.

Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mulai melakukan penilaian terhadap enam Puskesmas di daerah itu pada bulan Oktober hingga November 2018.

Pada bulan Oktober tahun ini tim ini akan melakukan penilaian terhadap dua Puskesmas di Desa Bantal dan di Desa Retak Mudik, kemudian empat Puskemas di bulan November.

Terkait dengan tingkatan untuk setiap Puskesmas yang diusulkan untuk diakreditasi pada tahun ini, menurutnya, berdasarkan hasil penilaian dari tim tersebut.

Ia berharap sebanyak enam Puskesmas yang diusulkan kepada pemerintah pusat tersebut lulus akreditasi. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...