Usai Mediasi, Sekdes Terpilih Desa Bu Utara Segera Dilantik

Editor: Koko Triarko

1.814
MAUMERE – Sekertaris Desa (Sekdes) Desa Bu Utara di Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, mengadukan kepala desanya, Petrus Meto, ke Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten setempat, karena tak kunjung melantiknya, meski sudah diumumkan lulus tes dan ditetapkan sebagai Sekdes Terpilih oleh panitia seleksi dan pihak kecamatan.
“Kepala desa tidak mau mengeluarkan surat keputusan pengangkatan saya sebagai Sekertaris Desa (Sekdes). Padahal, dalam tes yang dilaksanakan panitia seleksi, saya dinyatakan lolos dan pihak kecamatan minta segera dilantik,” sebut Sekdes terpilih, Servasius Edison Nggai, kepada Cendana News, Selasa (28/8/2018) sore.
Dikatakan Servasius, tes Sekdes dilakukan pada 23 Februari 2018 dan dirinya pun mengikutinya. Namun karena kepala desa juga masuk dalam panitia seleksi, maka dirinya melakukan protes ke pihak kecamatan, sehingga pemilihan tersebut pun dibatalkan, dan diminta segera melaksanakan seleksi ulang.
“Tes sekdes kedua pada 18 Juli 2018, saya dinyatakan lolos, sehingga ditetapkan menjadi sekdes terpilih. Pihak kecamatan pun meminta kepala desa, agar segera menyiapkan pelantikan saya sebelum tanggal 10 Agustus 2018, namun hingga kini, saya belum dilantik juga”, jelasnya.
Menurutnya, Kepala Desa secara diam-diam mengangkat Kaur Pemerintahan Desa Bu Utara menjadi Sekdes, sehingga saya melaporkan ke Dinas PMD Sikka.
“Dari awal, kepala desa menyiapkan orang untuk menduduki jabatan sekertaris desa, sehingga dicari alasan agar saya tidak dilantik. Padahal, secara aturan saya sudah ditetapkan oleh panitia menjadi sekdes terpilih,” tuturnya.
Kepala Desa Bu Utara, Petrus Meto, usai dilakukan fasilitasi atau mediasi bersama Sekdes Terpilih di Kantor Dinas PMD Sikka, mengaku akan segera melantik sekdes terpilih sesuai dengan yang diminta oleh Dinas PMD Sikka.
“Saya siap melantik Sekdes Terpilih, dan saya siap bekerja sama dengan Sekdes Terpilih untuk melaksanakan pemerintahan di desa, demi kesejahteraan masyarakat desa Bu Utara,” sebutnya.
Sebelum bertemu dengan Sekdes Terpilih, Sekertaris Dinas PMD Sikka, Fitriani Kristianita, melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Kepala Desa Bu Utara, untuk mencari tahu permasalahan yang terjadi, sehingga terjadinya pembatalan pelantikan Sekdes.
Usai dilakukan fasilitasi, Desa, Sekdes dan Kepala Desa bertemu bersama dengan Sekertaris Dinas PMD hingga tercapai keputusan, bahwa Sekertaris Desa Terpilih akan segera dilantik, agar jabatan yang lowong bisa segera diisi.
Baca Juga
Lihat juga...