Varietas Baru Semangka Nonbiji Capai Berat 11,5 Kilogram

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.805

YOGYAKARTA – UPT BP4 Wilayah Ngaglik-Sleman memperkenalkan jenis semangka varietas baru Amara F1 kepada pada petani di wilayah Kabupaten Sleman.

Semangka jenis nonbiji ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan di antaranya mudah berbuah, memiliki ukuran lebih besar, rasa manis serta kulit yang tebal sehingga tidak mudah pecah.

Pemanenan perdana semangka jenis Amara F1 dilakukan di lahan milik UPT BP4 Ngaglik-Sleman seluas 3500 meter persegi. Dari pemanenan perdana ini, didapatkan hasil semangka mencapai 5 ton.

PPL Ngaglik, Darsono, mengatakan, semangka jenis Amara F1 ini merupakan varietas baru yang dikembangkan sebuah perusahaan asal Purbalingga dengan jenis nonbiji.

Sejumlah petani melakukan panen perdana semangka jenis Amara F1 – Foto Jatmika H Kusmargana

Semangka jenis ini dikatakan potensial dibudidayakan karena merupakan jenis unggul sehingga akan menambah keuntungan bagi para petani.

“Untuk rekor berat terbanyak satu biji semangka bisa mencapai 11,5 kilo. Sedangkan rata-rata satu biji beratnya 5-6 kilogram,” ujarnya.

Dengan potensi hasil yang sangat bagus tersebut, Darsono berharap, agar para petani di wilayah Sleman menanam jenis ini di lahan pertanian mereka.

“Untuk perkawinan sangat mudah, hanya perlu dikawinkan dengan semangka jenis biji, karena ini kan semangka Triploid atau jenis nonbiji,” katanya.

Sedangkan untuk kerentanan terhadap penyakit, semangka Amara F1 diketahui cukup tahan terhadap penyakit. Sehingga sangat cocok untuk dikembangkan.

“Asal ditanam sesuai musim seperti saat ini, pengendalian hama sangat mudah. Jenis ini termasuk tahan terhadap penyakit,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...