Verifikasi Bacaleg, KPU Balikpapan Datangi Dinas Pendidikan

Editor: Satmoko Budi Santoso

129
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha - Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Temukan dua surat keterangan sebagai pengganti ijazah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan harus melakukan klarifikasi dengan mendatangi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.

Dua surat pengganti ijazah itu ditemukan saat proses verifikasi bakal calon legislatif (bacaleg) dilaksanakan dan ijazah menjadi syarat penting untuk penetapan bacaleg.

Menurut Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, surat pengganti ijazah harus diklarifikasi karena yang menerbitkan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim. Namun setelah menandatangani,  tak ada satu pun pejabat Dinas Pendidikan Kaltim yang mau memberikan penjelasan.

“Kami sendiri tidak paham, kenapa mereka tidak mau memberikan keterangan. Padahal mereka yang mengeluarkan surat keterangan,” ungkapnya, Kamis (9/8/2018).

Noor Thoha menyebutkan, surat keterangan pengganti ijazah itu berasal dari partai yang berbeda sehingga pada saat mengajukan permohonan, maka dua bakal calon legislatif itu melampirkan surat keterangan.

“Memang diatur dalam Permendiknas, dalam hal ijazah itu terbakar, hilang atau rusak, maka instansi terkait bisa mengeluarkan surat keterangan pengganti ijazah,” sebutnya.

Thoha menjelaskan, dalam Peraturan Menteri Pendidikan, apabila ijazah terbakar, hilang ataupun rusak, maka instansi terkait dapat mengeluarkan surat keterangn pengganti ijazah.

Adapun untuk mendapatkan surat keterangan tersebut, maka terdapat beberapa persyaratan yaitu harus melaporkan ke kepolisian dan harus dikuatkan dengan saksi seperti teman sekolah.

Dengan tidak adanya pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim tersebut, Thoha menyayangkan sikap Disdik Kaltim atas persoalan yang terjadi. Mengingat, ijazah merupakan syarat penting seseorang ketika hendak menjadi calon legislatif pada Pemilu 2019 mendatang.

“Padahal ini menjadi syarat penting, syarat pokok sebelum ditetapkan sebagai bacaleg,” imbuh Noor Thoha.

Sementara itu, penetapan daftar bacaleg tak lama lagi akan diumumkan dan proses verifikasi juga harus lebih teliti kepada pendaftar bacaleg partai politik.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.