Wakadishub DKI: Kapal Nelayan Makmur Timur Berhasil Dievakuasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

258

JAKARTA — Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Wakadishub) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menuturkan, kapal nelayan Makmur Timur yang hampir karam di Teluk Jakarta telah berhasil dievakuasi. Ia juga memastikan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

“Kapal tersebut hampir karam di sekitar teluk Jakarta menuju pelabuhan Muara Baru,” kata Sigit melalui pesan singkatnya, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).

Sigit menerangkan, kapal tersebut sudah berada di perairan Laut Jawa sejak 28 Juli 2018. Kapal itu hampir karam saat hendak menuju ke Pelabuhan Muara Baru, hari ini.

“Pada tanggal 28 Juli 2018 pukul 05.30 berada di daerah perairan Laut Jawa dalam keadaan ditarik kapal Mahkota Jaya menuju Pelabuhan Muara Baru,” pungkasnya.

Disebutkan juga, belum diketahui penyebab hampir karamnya kapal nelayan tersebut. Namun, ke-12 anak buah kapal berada dalam keadaan selamat.

“Jumlah ABK dan nahkoda 12 orang dalam keadaan selamat. Saat ini kapal berada di Pelabuhan Muara Baru,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu, Robert Edward membeberkan, peristiwa tersebut bermula dari kebocoran di bagian lambung. Kapal hampir karam dan sempat terombang-ambing selama 10 hari.

“Kapal itu sebetulnya sudah hampir karam di perairan Laut Jawa. Kami tidak tahu pastinya di daerah mana, itu tanggal 28 Juli 2018. Sudah 10 hari sebetulnya mereka terombang-ambing di tengah (laut),” kata Robert.

Robert menuturkan, evakuasi dilakukan petugas Sudinhub Kepulauan Seribu yang tengah berpatroli di perairan Teluk Jakarta. Kapal nelayan tersebut tidak langsung karam karena di dalam kapal terdapat sejumlah tangki air yang dimanfaatkan untuk membuat tetap mengapung.

Selain itu, Kapal Makmur Timur sempat ditarik menggunakan Kapal Mahkota Jaya yang juga melintas di Laut Jawa.

“Masih terikat dia dengan kapal Mahkota Jaya. Namun di Teluk Jakarta hampir dekat dengan Muara Baru, kurang lebih dua mil, kapal tersebut hampir kandas,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.