Yayasan Bakti Jogja Promosikan Produk Puluhan UMKM di Peringatan Harlah

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

913

YOGYAKARTA — Sejak berdiri 27 tahun silam, Yayasan Bakti Jogja bentukan Presiden kedua Republik Indonesia HM Soeharto tak pernah berhenti membantu masyarakat, termasuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta.

Selain peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan-pelatihan, Yayasan Bakti Jogja juga membantu terkait promosi.

Seperti melibatkan 32 pelaku UMKM dari berbagai daerah, untuk tampil dalam kegiatan bazar memperingati Harlah Yayasan Bakti Jogja di Kebun Percontohan Yayasan Bakti Jogja, Jalan Balai Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Jumat-Minggu (3-5/8/2018).

“Sebanyak 32 UMKM kita libatkan karena kita ingin membantu mengenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka. Dengan ikut kegiatan semacam ini, kita berharap usaha mereka dapat semakin dikenal dan berkembang pesat,” ujar Koordinator Harian Yayasan Bakti Jogja, Egiati Kusuma di Yogyakarta, Jumat (3/8/2018).

Yayasan Bakti Jogja
Koordinator Harian Yayasan Bakti Jogja, Egiati Kusuma. Foto: Jatmika H Kusmargana

Menurut Egi, kegiatan semacam ini rutin dilakuka untuk membantu para pelaku UMKM di sekitar Pakem Sleman dan Yogyakarta pada umumnya. Pihaknya bahkan berencana melibatkan lebih banyak, hanya saja terkendala keterbatasan tempat.

Sementara itu Ketua Kelompok KWT Pari Merapi Sembada, Menuk Sayekti menyebutkan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan semacam ini.

Ia berharap agar kegiatan semacam ini dapat rutin digelar tidak hanya beberapa bulan sekali namun lebih sering.

“Kita berharap bisa diagendakan rutin. Kalau bisa seminggu sekali. Jadi bisa lebih gencar mempromosikan produk anggota kita,” katanya yang mengirimkan lebih dari 25 produk olahan makanan maupun kerajinan dari 32 anggota KWT di kecamatan Turi dan Pakem.

Selain bazar UMKM, dalam rangkaian kegiatan Harlah Yayasan Bakti Jogja ini, juga digelar sejumlah acara lainnya. Mulai dari pentas seni, lomba tari hingga bakti sosial berupa pembagian sembako gratis dan murah bagi warga.

“Kita siapkan sebanyak 500 paket sembako murah untuk masyarakat umum. Selain itu juga 400 paket sembako gratis bagi warga kurang mampu,” katanya.

Yayasan Bakti Jogja
Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan paket sembako gratis yang diberikan Yayasan Bakti Jogja dalam rangka HUT ke 27. Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang warga asal Donoharjo Nagglik Sleman, Kusminarti mengaku senang dengan adanya bazar. Kegiatan semacam ini dinilai dapat membantu meringankan ekonomi keluarga kurang mampu seperti dirinya.

“Ya senang, bisa buat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengurangi biaya untuk belanja,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.