1,3 Ton Ikan Dimasak dan Dibagikan Gratis

Editor: Mahadeva WS

180

YOGYAKARTA – Ribuan civitas academica Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, meramaikan makan ikan gratis, dalam rangka Lustrum XI Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) kampus setempat. Acara makan ikan tersebut berlangsung di gedung Grha Sabha Pramana, Selasa (18/09/2018). 

1,3 ton ikan laut dimasak berbagai jenis makanan, dibagikan kepada seluruh pengunjung. Kegiatan ini digelar untuk memasyarakatkan konsumsi ikan, serta mendukung program gerakan gemar makan ikan di Indonesia.

Ketua Panitia Lustrum XI FTP UGM, Ton Benjamin Manggitung mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementrian Pertanian. Panitia juga menggandeng 30 chef asal DIY. Total ada sembilan menu masakan ikan yang yang berbahan baku tengiri, kakap, tongkol dan ikan-ikan lainnya. “Ada lebih dari 2.600 undangan yang hadir. Itu belum termasuk para mahasiswa. Seluruh ikan ini dipasok oleh nelayan asal Probolinggo. Awalnya hanya kita minta 1 ton, tapi kemudian ditambah jadi 1,3 ton,” ungkap Benjamin, di sela-sela acara.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Eni Harmaryani mengatakan, meski tersebut baru pertama kali digelar. Pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah memasyarakatkan konsumsi ikan lewat gerakan gemar makan ikan. Hal itu penting sebagai upaya mengenalkan ragam makanan sehat ke masyarakat.

“Untuk meningkatkan konsumsi makanan sehat dan aman di masyarakat, memang perlu pembiasaan. Mudah-mudahan ini menjadi awal, sekaligus tonggak pengembangan potensi kelautan kita sebagai sumber kesejehteraan di masa depan,” ungkapnya.

Sejumlah tamu undangan maupun mahasiswa, tampak antusias mengikuti acara makan ikan gratis tersebut. Mereka berbondong-bondong menyerbu meja sajian berbagai jenis masakan ikan yang ditawarkan. Salah seorang tamu undangan, Yusdeda, mengaku senang dan mendukung penuh acara tersebut.  “Ini nyobain ikan tengiri. Ternyata enak sekali. Biasanya sih jarang makan. Mudahan-mudahan ke depan acara semacam ini bisa rutin digelar. Agar masyarakat semakin gemar makan ikan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...