hut

19 Desa di Barito Selatan, Belum Setor Pajak Dana Desa

Awasi Dana Desa - Foto: Dokumentasi CDN

BUNTOK – 19 Desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, belum menyetorkan pajak Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama 2018.

“Dari 86 desa di Barito Selatan, terdapat 19 desa yang belum menyetorkan pajak DD dan ADD tahap pertama 2018,” kata Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok, Widanarko, di Buntok, Senin (3/9/2018).

Dengan kondisi tersebut, KP2KP melakukan monitoring setoran pajak DD dan ADD secara berkala, ke setiap desa di wilayah setempat. “Terkait monitoring setoran pajak itu, sudah kami sampaikan kepada Sekda Barito Selatan, Pak Edi Kristianto beberapa waktu yang lalu,” tambahnya.

Tujuan dari monitoring, agar ada upaya pertanggungjawaban pelaksanaan, dan penggunaan DD atau ADD. Terutama dalam hal setoran pajak, dapat dilaksanakan dengan baik. “Kami juga berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, untuk memberikan bimbingan, konsultasi, dan pengawasan kewajiban pajak terhadap Bendahara Desa, terkait pelaksanaan DD dan ADD,” tambah Widanarko.

Hal tersebut sesuai dengan imbauan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, yang memberikan penekanan serta perhatian yang tinggi, untuk mengawal DD dan ADD. “Ini semua untuk menghindari munculnya penyalahgunaan kewenangan, khususnya mengenai kewajiban setoran pajaknya, hal itu mengingat jumlah Dana Desa yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya mengalami kenaikan secara signifikan,” pungkas Widanarko. (Ant)

Lihat juga...