260 Anak Putus Sekolah di Lebak Ikuti Pelatihan Kerja

1.227
Ilustrasi -Dok: CDN
LEBAK – Sebanyak 260 anak putus sekolah, warga Kabupaten Lebak, Banten, memperoleh pelatihan keterampilan pengelasan, instalasi listrik dan mekanik AC.
“Kami berharap, melalui pelatihan keterampilan ini anak-anak putus sekolah bisa hidup mandiri,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lebak, Maman Suparman, di Lebak, Rabu (12/9/2018).
Pelatihan keterampilan itu kerja sama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lebak dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.
Peserta pelatihan keterampilan dipusatkan di Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPTLK) Kabupaten Lebak selama sembilan hari.
Para peserta mengikuti pelatihan berdasarkan tiga pilihan, yakni pengelasan, instalasi listrik dan mekanik AC.
Sebab, keterampilan itu sangat dibutuhkan masyarakat sehubungan berkembangnya perumahan-perumahan di Kabupaten Lebak.
Apalagi, Kecamatan Maja menjadi daerah kawasan permukiman yang menampung jutaan warga DKI Jakarta.
“Kami yakin, permintaan masyarakat sangat membutuhkan keterampilan itu,” jelasnya.
Menurut Maman,pelatihan ketrampilan itu sangat singkat dan mereka harus mampu menguasai keahlian, sehingga pengajarannya langsung teori dan praktik.
Peserta pelatihan keterampilan, setelah selesai akan memperoleh bantuan sarana kerja.
Kegiatan pelaksanaan keterampilan merupakan bentuk komitmen Disnaker Lebak dan Kementerian Perhubungan melalui STPI Curug.
Bahkan, pelatihan keterampilan tahap pertama sebanyak 75 peserta dari Kabupaten Lebak, mendapat apresiasi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
“Kami minta warga yang menerima pelatihan itu dapat dikembangkan di masyarakat dan bisa hidup mandiri,” katanya.
Yana (18), seorang peserta, mengaku sangat berterima kasih kepada Disnaker Lebak, karena mendapat keterampilan pengelasan.
Meski pelatihan itu singkat, namun dirinya sejak enam hari terakhir mampu membuat pengelasan pagar rumah.
“Kami merasa senang bisa mengelas pagar itu, dan nantinya akan mendirikan usaha,” kata Yana, yang mengaku hanya tamat SMP. (Ant)
Lihat juga...

Isi komentar yuk