Ajukan Kredit di Koperasi Tabur Puja, Widia Bisa Menabung

Editor: Mahadeva WS

212

YOGYAKARTA – Selain mendapat pinjaman modal usaha, salah satu kelebihan mengajukan kredit di lembaga keuangan berbentuk koperasi simpan pinjam adalah, peluang untuk menabung. 

Selain dapat mengajukan pinjaman modal, setiap nasabah juga dimungkinkan mendapatkan uang tambahan, dari hasil menabung yang dilakukan di koperasi. Menabung tersebut dilakukan setiap kali membayar angsuran pinjaman bulanan. Hal itupulah yang bisa dilakukan setiap nasabah yang merupakan anggota Koperasi Tabur Puja yang tersebar diberbagai daerah. Seperti Koperasi Unit Tabur Puja Kelompok Posdaya Angrek, Dusun Cabeyan, Panggungharjo, Sewon, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Widia, anggota koperasi Tabur Puja Kelompok Posdaya Angrek, mengaku biasa menabung setiap kali membayar cicilan bulanan. Meminjam modal Rp3 juta, setiap bulan Dia membayar agsuran sebesar Rp305 ribu.  “Itu sudah termasuk simpanan sukarela. Karena cicilan pokok itu Rp300 ribu. Sedang Rp5 ribu itu tabungan. Nanti setetah lunas bisa diambil. Karena itu adalah tabungan kita. Kadang ada juga anggota yang melebihkan bayaran cicilan sampai Rp310 ribu karena ingin menabung lebih,” jelasnya, Rabu (26/9/2018).

Salah satu syarat pengambilan simpanan sukarela, atau uang tabungan adalah, setiap anggota wajib melunasi seluruh pinjaman. Sehingga, jika anggota tersebut kembali mengajukan pinjaman di tahun berikutnya, maka pengambilan simpanan pokok ditunda, hingga seluruh pinjaman lunas dibayar. “Kalau anggota itu sudah menyelesaikan seluruh cicilan hingga lunas, dan tidak mengajukan pinjaman lagi baru tabungan bisa diambil,” tambahnya.

Widia mengaku sudah sekira tiga tahun terakhir, menjadi anggota Koperasi Tabur Puja di dusunya. Dia mengajukan pinjaman modal Rp3 juta untuk mengembangkan usaha warung kelontongnya.  “Modal itu saya gunakan untuk menambah stok dagangan. Seperti, sembako, rokok, pulsa dan dagangan lainnya. Alhamdulillah saat ini usaha semakin ramai. Dalam sehari omset bisa mencapai Rp700 ribu-Rp1 juta,” tandasnya.

Sebagaimana anggota lainnya, Widia memilih mengajukan kredit usaha di koperasi Tabur Puja karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Persyaratan yang mudah, bunga ringan, hingga pembayaran yang bisa dilakukan di dekat tempat tinggal menjadi alasan utama.  “Sangat membantu, rencana kalau sudah lunas nanti mau pinjam lagi, biar usaha semakin berkembang,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...