Akun IG Penyebar Hoaks Dilaporkan ke Polisi

145
Ilustrasi -Dok: CDN
MEDAN – Pengelola Kompleks Perumahan Cemara Asri, Desrazeki Putra (38), melaporkan salah satu akun instagram ke Polrestabes Medan, karena dinilai telah menyebarkan video hoaks mengenai aksi perampokan di kompleks perumahan ini.
Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira, mengatakan pihaknya telah menerima laporan itu, dan saat ini tengah melakukan penyidikan.
Adanya kasus tersebut, ia mengingatkan agar warganet lebih cermat dalam menyebarkan konten informasi di internet.
“Dengan menyebarkan konten hoaks dan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dapat menyebabkan keresahan bagi masyarakat,” ujar AKBP Putu.
Pengelola Kompleks Cemara Asri, Desrazeki Putra tidak terima, karena admin akun instagram yang memposting video tersebut, menyebutkan bahwa peristiwa perampokan terjadi di Kompleks Cemara Asri.
Padahal, itu tidak benar dan merupakan berita hoak atau bohong. Kemudian, Asri melaporkannya ke Polrestabes Medan atas dugaan pelanggaran Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan penyebaran konten hoak.
Sebelumnya, Polrestabes Medan menerangkan, video aksi perampokan terhadap seorang wanita di Kompleks Cemara Asri yang menyebar di media sosial (medsos) adalah informasi tidak benar alias hoaks.
Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira, mengatakan hal itu, pada Sabtu (22/9), setelah dilakukan penyelidikan, ternyata video perampokan tersebut tidak terjadi di Medan.
“Video itu hoaks, bukan terjadi di Medan, melainkan di Penang,” ujar dia.
Sehubungan dengan itu, masyarakat diimbau, agar tidak resah dengan beredarnya video perampokan tersebut. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...