Ancaman Rabies, Dinas Peternakan Lamsel Galakkan Vaksinasi

103
Ilustrasi - Dok CDN

LAMPUNG – Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melakukan penyuntikan vaksin rabies secara gratis pada beberapa hewan peliharaan, khususnya anjing, kucing, dan kera, untuk mencegah penyakit menular itu menyebar.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Lampung Selatan, drh. Agung Kusmartuti di Kalianda, Sabtu mengatakan, pemberian vaksin itu merupakan program nasional yang dilakukan secara serentak dari bulan September hingga November di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang mulai secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan itu untuk mencegah penyebaran penyakit menular rabies yang disebabkan oleh gigitan hewan liar maupun hewan peliharaan warga.

Dia menjelaskan, suntikan vaksin rabies tersebut diperuntukkan bagi hewan yang belum terinveksi virus rabies, agar hewan tersebut tidak terinfeksi.

Vaksinasi itu, katanya, menyasar rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan yang bisa terjangkit rabies.

“Di Kabupaten Lampung Selatan, sebanyak 4.000 dosis vaksin rabies akan kami suntikkan,” ujar drh. Agung mendampingi Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan drh. Arsyad. (Ant)

Isi komentar yuk