hut

Anggaran Panti Sosial di Palembang Diusulkan Naik

Ilustrasi -Dok: CDN
PALEMBANG – Sekretaris Komisi V DPRD Sumatra Selatan, Mgs Syaiful Padli, mengusulkan anggaran untuk warga panti sosial di provinsi itu ke depan dinaikkan, karena anggaran yang ada sekarang ini tidak sesuai lagi.
“Kami juga sudah mengusulkan pada rapat paripurna, supaya anggaran untuk makan minum warga panti sosial yang ada di provinsi ini dinaikkan,” kata Syaiful, di Palembang, Rabu (19/9/2018).
Menurut dia, anggaran untuk warga panti sosial itu sekarang ini sebesar Rp18 ribu/orang/hari sudah tidak sesuai lagi. Cukup apa dengan anggaran Rp18 ribu/orang/hari tersebut, kalau dibagi tiga kali makan sehari, berarti Rp6.000 sekali makan.
“Apalagi, untuk lanjut usia dengan anggaran Rp6.000 per orang itu, diberi makan apa? Karena itu, agar dinaikkan ke depannya”, katanya.
Ia menyatakan, sesuai dengan peraturan, ada standar minimal menurut aturannya Rp50 ribu/orang/hari, karena APBD Sumsel tidak mampu, maka pihaknya mengusulkan sebesar Rp27 ribu/orang/hari ke depan.
Jadi, minimal sebesar Rp27 ribu sampai Rp30 ribu, sehingga kesehatan gizi orang-orang lanjut usia bisa terjaga, tutur wakil rakyat tersebut.
Ia menyampaikan, usulan kenaikan anggaran itu pada APBD Sumsel 2019 nanti untuk tujuh panti sosial yang ada di Sumatra Selatan.
Dana yang dianggarkan pada 2018 ini sekitar Rp1,2 miliar, sedangkan kalau dinaikkan menjadi Rp27 ribu, maka anggarannya tidak sampai Rp5 miliar, jadi masih mampu untuk dianggarkan pada APBD Sumsel mendatang.
“Tujuh panti sosial itu antara lain ada di Kota Palembang, Lubuklinggau, Indralaya dan Ogan Komering Ulu,” pungkasnya.
Lihat juga...