Anggota Kodim Solo Diminta Proaktif Cegah Narkoba 

Editor: Mahadeva WS

152

SOLO – Peredaran narkoba di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Tidak sedikit petugas yang seharusnya menjadi penggerak utama pencegahan peredaran narkoba, justru ikut terlibat di dalamnya. 

Ratusan prajurit Kodim 0735/ Surakarta, Jumat (28/9/2018) pagi, diberikan pemahaman khusus, untuk bisa menjaga diri sendiri dan keluarga, dari ancaman barang haram tersebut. Kegiatan penyuluhan lebih menekankan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), sebagai tekat jajaran TNI AD untuk bisa mensukseskan Indonesia tanpa narkoba.

“Kami ingin menyatukan dan menggerakkan seluruh kekuatan bangsa, dalam perang melawan narkoba, untuk mewujudkan anggota Kodim 0735/Surakarta bebas narkoba,” papar Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0735/Surakarta, Mayor Inf. Alfian Yuda Praniawan, yang diselenggarakan di Aula Makodim, Jumat (28/09/2018).

Mantan Kepala Penerangan (Kapenrem) Warastratama/074 Surakarta tersebut mengatakan, penyalahgunaan narkoba dapat menyerang siapa saja, termasuk prajurit TNI. Oleh karena itu, sebelum terlalu jauh, pihaknya melakukan upaya pencegahan untuk melindungi prajurit dari penyalahgunaan Narkoba.

Prajurit Kodim 0735 Surakarta diberikan sosialsiasi terhadap pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) – foto Harun Alrosid

Kegiatan P4GN tersebut menjadi bekal untuk membentengi diri dari bahaya narkoba. “Sebagai benteng negara, TNI AD termasuk PNS dan keluarga besarnya, jangan sampai terpengaruh narkoba. Hindari Narkoba, hidup sehat dan cerdas tanpa narkoba,” tambah Kasdim.

Lebih lanjut orang nomor dua di Kodim Surakarta tersebut menjelaskan, tujuan dari penyuluhan ataupun sosialisasi tersebut, agar setiap prajurit khususnya Kodim 0735 Surakarta, dapat menjaga diri dan keluarga serta lingkungannya, dari penyalahgunaan narkoba. Melalui penambahan wawasan, dan membangun kesadaran, agar waspada dan tidak terjebak dalam perilaku penyalahgunaan Narkoba.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan bisa memperkuat komitmen dan menyebarluaskan informasi, tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Sekaligus bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan bagi anggota Kodim 0735/Surakarta, yang kemudian disebarluaskan di lingkungan keluarga dan masyarakat di wilayahnya,” tandas Mayor Inf Alfian.

Dalam sosialisasi P4GN ini hadir pula Ketua P2N (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) dari BNN Kota Surakarta serta Seluruh Prajurit Kodim 0735/Surakarta.

Baca Juga
Lihat juga...