Anies: APBD Pemprov DKI 2018 Naik Rp6,14 Triliun

Editor: Makmun Hidayat

206
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan hasil APBD-P 2018 di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018) - Foto: Lina Fitria

JAKARTA —- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan apresiasi atas usulan anggota DPRD DKI dalam rangka pembahasan Rancangan APBD Perubahan (RAPBD-P) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2018 untuk menuntaskan program sesuai jadwal.

“Pembangunan di DKI Jakarta tidak lepas dari sinergitas antara Legislatif dan Eksekutif. Kita sangat berterima kasih kepada dewan, semuanya akan ditindaklanjuti,” ujar orang nomor satu di DKI Jakarta Anies di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Oleh karena itu, Anies mengimbau kepada setiap pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta agar segera melakukan saran dari para dewan saat rapat paripurna, supaya persiapan RAPBD Tahun anggaran 2019 tidak terganggu. Sehingga, pembahasan RAPBD tahun 2019 bisa dimulai.

Dalam pembahasan dari beberapa fraksi di DPRD Provinsi DKI Jakarta terkait rapat paripurna tersebut, para anggota dewan menyoroti beberapa program yang menjadi pembahasan kepada Pemprov DKI Jakarta. Diantaranya, realisasi rumah DP nol rupiah, pembangunan fisik di Kepulauan Seribu, dana pendampingan RW, kenaikan tunjangan operasional RT, hingga tambahan pembiayaan Penyertaan Modal Daerah (PMD) bagi beberapa BUMD di DKI Jakarta.

Dia pun memaparkan mengenai rencana perubahan anggaran tahun 2018 kepada DPRD DKI. Anies menyampaikan rencana Perubahan Pendapatan Daerah Untuk Pendapatan Daerah pada APBD 2018 direncanakan sebesar Rp66,02 triliun, namun pada APBD Perubahan 2018 mengalami penyesuaian menjadi Rp65,80 triliun.

“Berdasarkan penjelasan Perubahan APBD Tahun 2018, secara total dapat saya sampaikan bahwa APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018 naik sebesar Rp6,14 triliun atau 7,97 persen dari Rp77,11 triliun menjadi Rp83,26 triliun,” ucapnya.

Atas dasar itu, Gubernur Anies pun optimis Pemprov DKI Jakarta akan menyelesaikan program yang diusulkan dewan pada tahun ini sesuai jadwal.

“Alhamdulillah sudah tuntas, jadi ini tinggal memaksimalkan kinerja pada triwulan terakhir,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...