Anies Didaulat Sebagai Bapak Peningkatan Kompetensi Guru Indonesia

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

223

JAKARTA — Didaulatkan sebagai Bapak Peningkatan Kompetensi Guru Indonesia oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan masukan untuk menyempurnakan berbagai kebijakan di sektor pendidikan dalam berbagai aspek.

“Kita berharap nanti di Jakarta ada banyak hal yang bisa dikerjakan (bersama). Kita ingin terus meningkatkan kualitas guru di Jakarta. Kita sudah siapkan beberapa rencana, dan eksekusinya, Insya Allah akan dilakukan,” ucapnya Anies di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Anies ingin memastikan agenda besar pendidikan di Jakarta dapat diselesaikan meski masih banyak tantangannya.

“Satu per satu kita selesaikan. Kita dorong sama-sama para guru kita untuk jadi pembelajar. Semoga semua organisasi guru memiliki orientasi yang sama, yaitu kompetensi profesi sebagai guru,” ucap Anies.

Anies menyinggung agar para guru tidak hanya mengajar dan mendidik namun juga menjadi penggerak dalam kegiatan mengajar.

“Saya mempercayai bahwa kunci kemajuan pendidikan ada pada kemajuan guru. Bila kompetensi meningkat, Insyaallah kualitas indeks pembangunan sumber daya manusia jadi meningkat” ujar Anies.

Anies menyampaikan, peningkatan kompetensi para guru harus menjadi komitmen bersama, baik pemerintah, para guru dan organisasi profesi guru. Sebab, kunci kemajuan pendidikan ada pada kemajuan para guru, sehingga mutu pendidikan menjadi lebih baik.

Sebagai sebuah organisasi, Anies turut mengapresiasi IGI sebagai salah satu organisasi guru yang konsisten dalam penguatan kompetensi guru.

 

Diketahui, pelaksanaan Rakornas IGI tahun 2018 berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 27-28 September 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 34 ketua wilayah dan 514 Ketua Daerah dari seluruh Indonesia.

Turut hadir Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim dan para lini sepuh IGI. Dengan motto yang diangkat yaitu ‘Sharing and Growing Together’, diharapkan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik serta peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan.

Baca Juga
Lihat juga...