Anies Lantik 16 Pejabat Baru

Editor: Mahadeva WS

155

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melantik  16 pejabat eselon II dan III, di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Selasa (25/9/2018). Pelantikan tersebut menjadi bagian dari upaya dapat memberikan pelayanan yang baik, serta meningkatkan kecepatan pelayanan. 

“Hari ini kita sama-sama menyaksikan proses Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator yang baru saja mendapatkan amanat baru. Pergantian, promosi, rotasi adalah bagian dari dinamika sebuah organisasi. Sebagai organisasi yang terus-menerus meningkatkan kecepatan, kinerja, pelayanan, maka memastikan selalu ada penyegaran adalah bagian dari kewajaran tumbuh kembangnya sebuah organisasi,” ucap Anies.

Perombakan pejabat yang dilakukan, bagian dari penyegaran. Pejabat yang baru dilantik, harus memandang jabatan sebagai amanah dan kesempatan untuk memperluas pengalaman. Oleh karenanya, diharapkan, para pejabat baru bisa menciptakan pemikiran, terobosan, di bidang diamanatkan.

Setiap pejabat baru, memiliki jiwa kepemimpinan yang berasaskan kepercayaan, bukan sekadar pemegang otoritas struktural pemerintahan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengingatkan, visi besar Pemprov DKI Jakarta adalah, memajukan kotanya dan membahagiakan warganya.

Pejabat yang dilantik itu ialah, Irwandi sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Ali Maulana Hakim sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi sebagai Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Blessmiyanda sebagai Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jaya, Andri Yansyah sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Adi Ariantara sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan.

Kemudian, Djafar Muchlisin menjadi Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ismer Harahap sebagai Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang, Yuli Hartono sebagai Asisten Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Hidup, Yudi Amiarno sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, dan Tri Kurniadi sebagai Sekretaris BKSP (Badan Kerja Sama Pembangunan) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Budihastuti menyebut, pejabat yang dilantik, 11 orang adalah eselon II dan lima jabatan eselon III.  “Ada 11 orang eselon II dan 5 eselon III,” ungkapnya.

Sebelumnya, Anies telah mencopot dan memensiunkan sejumlah pejabat DKI Jakarta. Pejabat yang dicopot itu melaporkan dugaan pelanggaran prosedur dalam perombakan pejabat kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah menyelidiki laporan, KASN memberikan sejumlah rekomendasi kepada Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya, mengembalikan pejabat yang dicopot ke jabatan semula atau yang setara. Namun, hingga kini DKI tidak menjalankan rekomendasi tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...