Api Obor Asian Para Games Melintasi Kota Denpasar

Editor: Makmun Hidayat

330

DENPASAR — Setelah sukses menggelar pesta olahraga terbesar di Benua Asia yakni Asian Games, kini Indonesia kembali bersiap menggelar Asian Para Games ke-3 tahun 2018 yang sedianya akan berlangsung 6 Oktober mendatang.

Serangkaian menghitung mundur pelaksanaan olahraga multilevel bagi penyandang disabilitas terbesar kedua di dunia ini turut dilaksanakan pawai obor (torch relay) yang pada Minggu (16/9/2018) telah diarak mengelilingi Kota Denpasar.

Rute pawai obor Asian Para Games di Denpasar dimulai dari Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha yang diawali dengan penyerahan obor oleh Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari kepada Gubernur Bali, I Wayan Koster yang dilanjutkan dengan pengarakan obor oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo dan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain itu beberapa torch barier lainya seperti Deputi Bidang Pengenbangan dan Promosi Pariwisata Kemenpar RI, I Gede Pitana, para atlet serta duta obor Asian Para Games 2018, Aura Kasih.

Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa gelaran Asian Para Games tahun 2018 menitikberatkan pada promosi kebudayaan serta kepedulian sosial Indonesia.

“Kalau Asian Games mempromosikan keberagaman budaya Indonesia, Asian Para Games akan menunjukkan ke dunia Internasional inilah sisi kemanusiaan Indonesia,” ujarnya.

Secara umum, kata Raja, Asian Para Games menggelorakan semangat peduli disabilitas. Bukan hanya menyukseskan acara dan meraih sebanyak-banyaknya medali, moralitas, mentalitas, dan kemanusian juga akan diwariskan.

“Ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah multievent paling bergengsi di Asia, kebanggaan ini perlu terus diwariskan,” pungkasnya.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara – Foto: Sultan Anshori

Sementara itu, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengaku bangga Kota Denpasar dipilih sebagai lokasi pawai obor Asian Para Games tahun 2018. Pihaknya berharap semangat dari pawai api obor ini harus terus digelorakan dalam mendukung pelaksanaan Asian Para Games 2018 ini.

“Selamat datang di Kota Denpasar, selamat bertanding bagi para atlet, tunjukan kemampuan maksimal dan harumkan nama bangsa, serta seluruh masyarakat untuk selalu menggelorakan semangat peduli disabilitas dengan beragam potensi yang ada dalam diri,” jelas Jaya Negara.

Sementara Ketua National Paralympic Committee Provinsi Bali, I Nyoman Sumita mengatakan bahwa Asian Para Games ini merupakan salah satu wujud kesetaraan bagi seluruh masyarakat.

“Kami sangat bangga sebagai masyarakat penyandang disabilitas tetap diberikan ruang yang maksimal pada ajang Asian Para Games tahun 2018 ini, semoga hasil terbaik selalu menyertai perjuangan para atlet yang selalu berusaha maksimal,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...