Bandeng Rorod, Ikon Kuliner Khas Kota Bekasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

375

BEKASI – Bandeng Rorod, kini menjadi salah satu ikon kuliner khas Kota Bekasi. Selain menawarkan rasa khas, Bandeng Isi Tanpa Duri ini, dikemas seapik mungkin sebagai oleh-oleh daerah.

Datang ke Kota Patriot, belum lengkap rasanya jika belum mampir dan membeli oleh-oleh Bandeng Rorod, makanan olahan yang dikenal dengan kegurihan daging. Penasaran seperti apa rasanya, ayo ke Kota Bekasi.

Rorod, sebenarnya adalah istilah saat proses pengolahan memisahkan duri ikan dari daging. Proses itu dalam bahasa Betawi disebut Rorod. Dengan menggunakan alat seperti tang, duri di dalam ikan bandeng dicabut paksa. Kepala ikan pun telah dipotong. Tetapi sebelumnya ikan sudah dibersihkan. Proses pengolahannya cukup sederhana, bukan?

Afif Ridwan, pemilik Bandeng Rorod, memperkenalkan produk. – Foto: Ist

“Setelah semua duri terpisah, kemudian seluruh daging diambil atau dipisah dengan tetap menyisakan kulit serta kepala ikan bandeng. Kemudian daging diolah, dengan bumbu racikan untuk dimasukkan ke dalam mesin penggiling. Daging ikan itu lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan. Semua proses higienis,” kata Owner Bandeng Rorod, Afif Ridwan, kepada Cendana News.

Bandeng Rorod, atau Bandeng Isi Tanpa Duri, adalah resep turunan dari kelurga Afif. Bagi orang Betawi, hal itu dulu ada saat tertentu saja. Menurutnya, pertama kali memperkenalkan Bandeng Rorod adalah Ibunya, Siti Rohmani, dan sudah dikenal sebagai Mpo Omah Bandeng Rorod. Bandeng Rorod kini menjelma sebagai ikon oleh-oleh khas Kota Bekasi, yang diambil dari penganan khas Betawi.

Sudah Sejak 2011
Afif mengaku, memperkenalkan Bandeng Rorod sejak membuka rumah makan khas Betawi di lingkungan rumahnya, dengan menyediakan salah satu menu Bandeng Rorod. Tetapi, paparnya, banyak pembeli yang datang ke rumah makan hanya untuk membeli Bandeng Rorod, untuk dibawa pulang atau pun bekal ke kantor.

“Dari situ, saya berpikir untuk fokus mengembangkan bandengnya saja. Hingga akhirnya, tahun 2013, rumah makan ditutup dan fokus hanya menjual Bandeng Rorod. Alhamdulillah awalnya tetap berjalan, meskipun tertatih untuk mendongkrak penjualan. Lebih pada mengenalkan kepada masyarakat saja,” jelas Ketua UKM Kuliner Kota Bekasi ini.

Jatuh bangun pernah dalam usaha, menurutnya itu hal biasa. Asal tetap sabar dan pantang menyerah, maka akan menemukan cara sendiri untuk berkembang. Berkat kegigihan itu, akhirnya Bandeng Rorod kini menjadi salah satu ikon kuliner Kota Bekasi. Setidaknya telah memberi keuntungan pribadi, buah dari ketelatenan dan kesabaran.

“Dari 2013, saya sudah mulai melirik, untuk menjadikan Bandeng Rorod sebagai salah satu kuliner khas Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Berbagai terobosan pun dilakukan, akhirnya menemukan cara agar Bandeng Rorod bisa tahan untuk dikonsumsi dalam waktu tertentu. Berbagai inovasi pun dibuat, seperti desain kemasan, perizinan dan lainnya, seperti tanggal kedaluwarsa sekarang sudah tertera,” papar Afif.

Buah dari perjuangan itu, setidaknya Bandeng Rorod, dalam satu bulan bisa terjual antara 2000 sampai 2500 kemasan sehari, dengan harga mulai dari Rp22 ribu hingga Rp28 ribu, tergantung varian yang dipesan.

Tidak hanya itu, Bandeng Rorod juga telah mengisi setidaknya tiga rumah makan di Kota Bekasi, untuk rumah makan tentu harganya berbeda, jelas Afif. Harga jual di rumah makan yang sudah menjadi pelanggan Bandeng Isi, hanya Rp15 ribu, karena tanpa sambal, dan mereka olah sendiri untuk rasa.

“Saat ini, penjualan terus meningkat, dan sangat terbantu dengan adanya pesanan online hingga mendongkrak penjualan. Pada saat akhir pekan begini, pesanan akan meningkat. Kini dengan dibantu mesin pemisah duri, Bandeng Rorod bisa diproduksi sekitar 200-400 ekor/hari atau sekitar 40 kg dengan 2 rasa berbeda, yaitu rasa original dan pedas,” terangnya, mengaku membuka peluang keagenan dengan modal minim bagi yang ingin membuka usaha sendiri.

Selain menawarkan Bandeng Rorod, Warung Mpok Omah, juga menyajikan menu bandeng lainnya yaitu Batik Bandeng. Batik Bandeng merupakan singkatan dari Bakso Tahu Ikan Bandeng.

Baca Juga
Lihat juga...