Bekasi Terus Berupaya Kembangkan Potensi Wisata Situ Gede

Editor: Koko Triarko

174
BEKASI – Menjadi gerbang utama dari arah Barat Indonesia, masuk Provinsi Jawa Barat, Kota Bekasi memiliki beragam potensi destinasi wisata yang terus dikembangkan.
Dalam rangka mewujudkan destinasi wisata di Kota Patriot, Dinas Pariwisata  mulai melirik Situ Gede, di Kelurahan Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu, untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata air.
“Pengembangan Situ Gege, sesuai arahan Wali Kota Bekasi. Saat ini masterplan sudah jadi, dan mudah-mudahan tahun depan, pembangunan dilaksanakan. Dalam hal ini, Dinas Pariwisata hanya membuat konsep, yang melaksanakan tentu Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Bekasi, Zarkasih, saat menghadiri peringatan Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional di acara Car Free Day (CFD) Jl. A Yani, Kota Bekasi, Minggu (30/9/2018) pagi.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Bekasi, Zarkasih –Foto: M. Amin
Dikatakan, dalam masterplan pengembangan Situ Gede, Bojong Menteng, di samping dikembangkan sebagai destinasi wisata air, juga akan ada tempat kuliner, jogging track, dan taman bermain. Pengembangannya dibuat seapik mungkin, agar warga Kota Bekasi bisa banyak pilihan lokasi wisata, bahkan tidak menutup kemungkinan ke depan akan dibangun guest house.
Untuk anggaran, lanjut Zarkasih, pengembangan Situ Gede akan menghabiskan dana Rp40 miliar. Dia berharap, pada 2019 sudah terealisasi dan mulai dilaksanakan pekerjaannya. Sehingga ke depan Kota Bekasi tidak hanya dikenal dengan wisata kulinernya, tetapi juga ada beberapa tempat yang nyaman bersama keluarga di samping kuliner.
“Kota Bekasi selama ini cukup dikenal dengan tempat olah raga. Berbagai iven festival pun selalu ada, selain kuliner. Kalau untuk kuliner, Bekasi tempatnya, sekarang makanan dari semua daerah sudah tersedia di sini, seperti kawasan Summerecon, Harapan Indah dan Galaxi. Dan, ini harus memberi manfaat pihak ketiga untuk membuka peluang, dengan memberikan berbagai kemudahan dari perizinan dan lainnya,” papar dia.
Sebelumnya, Wali Kota Bekasi melalui video pendek yang tersebar melalui jaringan whatshaap baru-baru ini, meminta kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk memberikan dana khusus pengembangan beberapa Situ di Kota Bekasi, yang memiliki potensi wisata untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam video itu, dia mencontohkan Situ Gede, dengan luas areal tujuh hektare.
“Insyaallah, di Situ Gede, Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu, akan dibangun destinasi wisata air di Kota Bekasi, lengkap dengan segala fasilitasnya. Hal ini pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu, bahkan Detail Engenering Design (DED)-nya sudah ada,” ungkap Pepen, sapaan akrab Wali Kota Bekasi dua periode.
Situ Gede adalah danau dan dikelilingi oleh pemukiman warga setempat dan kerap terjadi banjir jika saat turun hujan. Saat ini, sudah ada Gedung Dewan Kesenian  Kota Bekasi, tetapi jalur setapak tidak jauh dari lokasi Situ Gede ada penampungan sampah milik warga.
Baca Juga
Lihat juga...