Belajar Otodidak, Yos Buka Usaha Pangkas Rambut

Editor: Mahadeva WS

733

LARANTUKA – Usaha jasa pangkas rambut, merupakan usaha yang bisa memberikan pendapatan yang lumayan banyak. Hal tersebut tidak terlepas dari tidak banyaknya modal harus disiapkan untuk memulai usaha tersebut.

Hanya saja, untuk menjadi seorang pemangkas rambut yang memiliki banyak pelanggan, harus memiliki keterampilan memangkas rambut, sesuai keinginan pelanggan. “Saya melihat usaha ini bisa mendatangkan pendapatan, sehingga setelah belajar secara otodidak, akhirnya saya pun memberanikan diri membuka usaha ini,” sebut Gregorius Mikael S.Wora, Selasa (25/9/2018).

Yos belajar memotong rambut secara otodidak menggunakan alat potong rambut, dan melihat video di internet. “Saya belajar sendiri, dan terkadang melihat video tentang cara-cara memangkas rambut serta model-model terbaru dari Youtube dan mempraktekannya sendiri. Model rambut selalu berubah, sehingga saya juga perlu mengetahui model atau potongan rambut terbaru yang diinginkan pelanggan,” tambahnya.

Usaha pangkas rambut milik Yos, mengambil tempat di sebuah bangunan sederhana, berukuran 3×2 meter persegi. Untuk menarik pelanggan datang, ruang layanan temboknya di cat warna-warni, dan ruangan tersebut dilengkapi dua buah speaker, yang menyajikan lagu-lagu yang banyak disukai pelanggan. “Mulai buka usaha sejak bulan April 2018 lalu, dengan modal satu juta rupiah untuk membeli peralatan memangkas rambut, serta perlengkapan seperti cermin dan baliho,” ungkapnya.

Untuk jasa memotong rambut, Yos mematok harga Rp15 ribu untuk dewasa, dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Dengan tarif yang terjangkau, usaha Yos memiliki banyak pelanggan. Dalam sehari Yos mendapatkan lima sampai enam orang pelanggan yang datang untuk merapikan rambut. “Kalau sepi, dalam sehari hanya dua orang saja yang datang.Terkadang bisa sampai 10 orang bahkan lebih, kalau ada kegiatan dimana banyak peserta atau tamu dari luar daerah yang datang,” tuturnya.

Pria yang pernah merantau ke Jakarta menjadi security di perkantoran dan apartemen selama tujuh tahun tersebut, memilih kembali ke Larantuka, karena ingin memiliki usaha sendiri. “Masih banyak peluang usaha yang bisa mendatangkan uang asal kita tidak malu berusaha dan tekun. Mungkin karena pernah merantau dan merasakan sulitnya mencari uang, membuat saya berkeinginan untuk memiliki usaha sendiri,” tandasnya.

Meski usaha jasa pangkas rambut di Larantuka cukup banyak, Yos tetap optimistis menjalankan usahanya. Bahkan jika modal yang dimiliki mencukupi, Dia ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Hal itu dikarenakan keyakinanm jasa pangkas rambut selalu dicari orang sampai kapanpun.

Rinto, salah seorang pelanggan yang ditemui usai memangkas rambut dengan model terbaru, mengaku sering memangkas rambut di tempat Yos. Hal itu dikarenakan, merasa pelayanan dan hasil potongan rambut yang diterima memuaskan. “Saya selalu memangkas rambut di tempat ini, model rambut bisa dipilih sesuai selera kita anak muda. Harganya pun terjangkau di kantong anak muda, apalagi di tempat usaha ini ada musiknya,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...