Belum Ada Rencana Tambah Rumah Sakit di Balikpapan

Editor: Koko Triarko

1.487
Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. –Foto: Ferry Cahyanti
BALIKPAPAN — Dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Balikpapan, belum ada rencana menambah rumah sakit di kawasan Kecamatan Balikpapan Timur dalam waktu dekat, kendati keinginan warga kawasan tersebut menginginkan dibangunkannya rumah sakit.
Belum bisa terwujudnya pembangunan rumah sakit di kawasan Balikpapan Timur itu, karena dalam RPJMD hanya dilakukan peningkatan kapasitas kualitas Puskesmas. Sedangkan pembangunan rumah sakit di kawasan itu belum ada direncanakan.
“Membangun rumah sakit pratama juga ada syarat yang harus dipenuhi. Sehingga tahap pertama yang dilakukan adalah peningkatan Puskesmas yang sudah ada, khususnya di kawasan Balikpapan Timur,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Jumat (7/9/2018).
Rizal mengatakan, peningkatan Puskesmas bisa dilakukan cepat dalam setahun. Dan disebutkannya alat ukur pelayanan fasilitas kesehatan semuanya harus dimaksimalkan.
“Di kawasan Balikpapan Timur, Puskesmasnya juga sudah beroperasi 24 jam, dan peningkatan fasilitas terus dilakukan oleh pemerintah,” tandasnya.
Dia juga mempertanyakan tujuan dari keberadaan rumah sakit. Bahkan, Wali Kota Balikpapa dua periode ini teringat ucapan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, bahwa tidak perlu terlalu semangat untuk membangun rumah sakit.
“Yang seharusnya dibangun adalah semangat masyarakat agar berpola hidup sehat. Nggak ada gunanya rumah sakit besar-besar. Itu tandanya, masyarakatnya penyakitan,” kata Rizal.
Rizal juga menyebutkan, dalam peningkatan Puskesmas agar statusnya bisa seperti rumah sakit, berbagai upaya dilakukan dari tenaga medis hingga sarana maupun prasarana yang harus memadai.
“Artinya kapasitas tenaganya, fasilitasnya kita tingkatkan lagi dan anggarannya akan dibahas ulang lagi. Tolak ukurnya jangan tambah rumah sakit juga,” imbuhnya.
Baca Juga
Lihat juga...