Bondowoso Dapat Kuota 296 CPNS

Editot: Mahadeva WS

411
Plt Sekda Bondowoso Karna Suswandi. Foto: Kusbandono.

BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mendapatkan alokasi 296 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Dari jumlah tersebut tiga di antaranya dialokasikan untuk pelamar disabilitas.

Plt Sekda Bondowoso, Karna Suswandi menyebut, pendaftaran tes penerimaaan CPNS 2018 akan dibuka 19 September 2018. “Dari jumlah formasi tersebut dibagi lagi menjadi dua formasi, yakni khusus dan umum,” kata Suswandi kepada cendananews.com, Selasa (11/9/2018).

Formasi khusus, Kabupaten Bondowoso mendapat kuota 135 formasi. Perinciannya, 117 orang untuk pegawai K2, calon pelamar berpredikat cumlaude 15 orang, serta bagi pelamar penyandang disabilitas tiga orang. “Jadi total setelah dikurangi formasi khusus, untuk Kabupaten Bondowoso, formasi umumnya sisa 161 orang,” jelasnya.

Semua pelamar harus mengikuti tes, sebagaimana ketentuan dari BKN. Hanya saja, setelah lulus tes untuk formasi khusus, tidak perlu mengikuti seleksi kemampuan bidang. “Melainkan hanya mengikuti tes seleksi kemampuan dasar saja, bagi formasi khusus dan ketika dinyatakan lolos maka yang bersangkutan tidak diharuskan ikut tes kemampuan lainnya.” tambahnya.

Untuk formasi umum, harus mengikuti tes kemampuan bidang, setelah mengikuti kemampuan dasar. Sehingga, setelah lolos tes kemampuan dasar, pelamar belum tentu lolos di tes kemampuan bidang. Pendaftaran dilakukan secara online, dan terpusat melalui portal resmi SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Pengumuman seleksi administrasi akan dilakukan pada 16 September 2018. Bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, harus mengikuti test pada 20 Oktober, yang hasilnya akan diumumkan pada 30 November 2018. “Masyarakat harus berhati-hati, dan tidak mudah percaya jika ada oknum-oknum tak bertanggung jawab, yang mengiming-imingi bisa mengatur kelulusan dengan imbalan tertentu,” imbaunya.

Suswandi menegaskan, rekrutmen CPNS akan menggunakan CAT-BKN (Computer Assissted Test). “Tidak ada istilah titip-titipan untuk CPNS sekarang. Jadi kalau mau lulus, harus dengan kemampuan sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...