Bone Bolango Ikut Gelar WCD

177
Ilustrasi - Aksi pungut sampah. Dok CDN

GORONTALO – Ribuan sukarelawan dari berbagai latar belakang seperti komunitas, Aparatur Sipil Negara (ASN), aparat kecamatan, desa dan masyarakat, turut serta dalam acara World Cleanup Day (WCD), di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango, Taufik Sidiki mengatakan, selain melakukan bersih-bersih di sejumlah lokasi, pihaknya juga menggelar pameran produk daur ulang. “Aksi ini digelar serentak di 150 negara dan di berbagai Provinsi Se-Indonesia. Khusus untuk Bone Bolango, kegiatan ini diinisiasi oleh tim relawan dan dipusatkan di Kecamatan Suwawa,” jelasnya, Minggu (16/9/2018).

Dari kegiatan tersebut, taufik menyebut, Bupati Hamim Pou, berharap aksi sosial tersebut dapat diteruskan. “Jika perlu dilakukan setiap bulan satu kali. Sehingga kita menjadi gemar akan kebersihan,” ungkapnya.

Camat Suwawa, Achril Y. Babyonggo mengungkapkan, WCD merupakan momen untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menangani sampah dengan benar. Kegiatannya mengajak masyarakat tidak sembarangan membuang sampah. “Ada ribuan masyarakat yang berasal dari berbagai organinasi, lembaga, dan komunitas yang mengikuti aksi ini, mulai dari kalangan masyarakat umum, pelajar, mahasiswa,” katanya.

Achril menyebut, selain membebaskan bumi dari sampah, kegiatan aksi sosial bersih-bersih sedunia ini juga dapat memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah pada tempat ilegal. “Kami berharap relawan yang telah berpartisipasi pada kegiatan itu, agar menjadi rool model bagi yang lainnya untuk mengkampanyekan bahaya sampah,” tambahnya.

Leader WCD Provinsi Gorontalo, Gabrina Uduala, berpesan kepada masyarakat, agar ikut berpartisipasi untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Buanglah sampah pada tempatnya agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia,” harapnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...