Bonus Asian Para Games Sama dengan Asian Games

Editor: Mahadeva WS

303

SOLO – Pemerintah siap memberikan bonus untuk atlet peraih medali di Asian Para Games 2018, sama besar dengan bonus untuk peraih medali di Asian Games 2018. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, saat mengawali Torch Relay Obor Asian Para Games di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018).

Bonus atlet ini tidak terkecuali untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut berlaga dalam pesta olah raga bagi penyandang disabilitas se Asia tersebut. Hanya saja, khusus untuk ASN, ada ketentuan yang harus disesuai dengan pemerintah.

“Bonus atlit kita sama dengan Asian Games kemarin. Untuk peraih mendali emas Rp 1,5 milliar, medali perak sebesar Rp 500 juta, dan peraih medali perunggu mendapat Rp 250 juta. Yang jelas bukan uang atau bonusnya yang akan disesuaikan. Namun ada ketentuan-ketentuan yang harus dijalankan,” papar Puan Maharani Rabu (5/9/2018).

Asian Para Games digelar di DKI Jakarta dan Jawa Barat, akan dihadiri sekira 5.000 atlet, official dan pelatih. Perhelatan Asian Para Games yang akan berlangsung 6-13 Oktober 2018, akan diikuti perwakilan dari 41 Negara se-Asia. Perhetalan ini akan mempertandingkan 18 cabang olah raga.

Perwakilan negara peserta tersebut, akan menginap di wisma atlet yang digunakan Asian Games 2018 di Kemayoran. Fasilitas yang digunakan untuk atlet asian para games juga sama dengan yang digunakan di Asian Games 2018.

Menurut Puan, semangat Asian Para Games akan digelorakan, seperti perhelatan Asian Games. Meskipun pada dasarnya, waktu persiapan untuk menyelenggarakan Asian Para Games tergolong cukup singkat, hanya satu bulan. “Waktu kita hanya singkat, yakni satu bulan. Karena ada aturan yang tidak boleh mensosialisasikan dua perhelatan olah raga sekaligus, jadi setelah Asian Games selesai baru kita sosialisasikan kepada masyarakat. Diawali dengan pawai atau torch relay obor api abadi Mrapen, di Solo,” imbuhnya.

Torch Relay obor AsianPara Games akan keliling di delapan kota di Indonesia. Diantaranya Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan Jakarta.

Lihat juga...

Isi komentar yuk