BPJS Kesehatan Balikpapan, Respon Cepat Aduan Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

132
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan Endang Diarty - Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Balikpapan mencatat telah menerima 4.137 laporan masuk sejak Januari hingga Agustus 2018. Dari jumlah laporan yang masuk tersebut, 30 persennya merupakan laporan keluhan pengaduan. Sisanya laporan peserta tentang mencari tahu informasi pelayanan apa saja yang ada pada BPJS Kesehatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Endang Diarty, mengungkapkan, laporan keluhan yang masuk itu rata-rata dapat diselesaikan dalam waktu 3-5 hari kerja sesuai dengan program BPJS Kesehatan respon cepat untuk pelayanan.

“Laporan pengaduan fasilitas kesehatan harus selesai dalam waktu tiga hari. Karena kami ada program 5 hari selesai. Kalaupun ada klarifikasi kita melihat lagi sesuai dengan kriteria,” jelasnya, Jumat (14/9/2018).

Disebutkan Endang, laporan masuk dari keluhan itu seperti ketersediaan obat, dan ketersediaan jam praktik dokter yang tidak sesuai dengan plang. “Pengaduan biasanya langsung kita tindaklanjuti dengan respon cepat. Kemudian menindaklanjuti dengan datang ke faskes yang bersangkutan,” tandasnya.

Menurutnya, apabila ada banyak fasilitas kesehatan menerima keluhan atau pengaduan dari masyarakat, maka itu menjadi bahan penilaian pihaknya untuk perpanjangan kerja sama.

“Apabila ada banyak keluhan, menjadi salah satu penilaian evaluasi untuk penanganan kerja sama. Pernah ada salah satu fasilitas kesehatan sudah diberikan peringatan kedua, jika masih ada keluhan maka akan diputus faskesnya. Itu terjadi sebelum tahun 2018,” sebut Endang.

Endang menambahkan, upaya-upaya yang dilakukan dalam menerima laporan keluhan pengaduan selalu diupayakan untuk cepat ditindaklanjuti agar pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan yang tersedia dapat melayani peserta BPJS Kesehatan dengan baik.

“Respon awal selalu diselesaikan dalam waktu 3 hari, ditambah dengan program 5 hari selesai. Itu salah satu upaya menindaklanjuti laporan keluhan yang masuk,” imbuh Endang.

Lihat juga...

Isi komentar yuk