Capaian Kelahiran Ternak Program Ubsus Siwab DIY Baru 40 Persen

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

150

YOGYAKARTA — Hingga awal Agustus 2018, jumlah capaian kelahiran hewan ternak sapi dalam program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Ubsus Siwab) di DIY tercatat kurang dari 40 persen. 

Dari target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 45.488 kelahiran ternak, diketahui baru terealisasi 22.478 kelahiran saja. Sebagaimana diketahui program Ubsus Siwab merupakan program upaya peningkatan jumlah ternak sapi yang digencarkan pemerintah sejak 2017 lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, melakukan upaya pemberian Inseminasi Buatan (IB) secara cuma-cuma pada peternak guna mendorong tingkat kelahiran ternak di berbagai wilayah.

Seksi Produksi Bidang Peternakan Dinas Pertanian DIY, Giyarto. Foto: Jatmika H Kusmargana

“Memang belum mencapai target. Pertama karena memang, pendataan ini kan baru sampai awal bulan Agustus. Selain itu kemungkinan karena tidak semua angka kelahiran sapi peternak terdata,” kata Seksi Produksi Bidang Peternakan Dinas Pertanian DIY, Giyarto, Senin (03/09/2018).

Giyarto menyebutkan, hingga pendataan bulan Agustus, capaian Inseminasi Buatan di DIY sendiri sudah melampaui target. Dari target sebanyak 100.800 sapi akseptor, pemerintah telah melakukan IB pada sebanyak 107.728 ekor sapi, atau mencapai 107 persen.

Sementara untuk pelaksanaan Pemeriksaan Kebuntingan Hewan (PKH) hingga saat ini tercatat telah mencapai 62 persen. Atau sebanyak 44.184 PKH dari target sebanyak 70.560 PKH.

“Kendalanya, saat melakukan IB, peternak biasanya akan melapor petugas. Petugas akan langsung mendatangi kandang dan mendata IB. Sementara saat pendataan PKH dan kelahiran, tak semua peternak melapor. Sehingga kadang PKH dan kelahiran tidak terdata,” katanya.

Diungkapkan Giyarto, pada tahun 2017 lalu tingkat ketercapaian PKH ternak sapi di DIY juga masih sangat minim. Yakni mencapai 26 persen. Dengan begitu tingkat ketercapaian PKH pada tahun 2018 ini sebesar 62 persen dikatakan sudah jauh meningkat.

“Kita sudah minta pada peternak agar melaporkan setiap kebuntingan ataupun kelahiran ternaknya. Namun memang masih banyak peternak yang enggan melapor,” katanya.

Sementara itu pada tahun 2019 mendatang, pelaksanaan program UPSUS SIWAB di DIY tetap akan dilaksanakan. Dinas Pertanian DIY ditargetkan mampu melakukan sebanyak 100.000 IB, dengan 100.100 PKH dan 56.000 kelahiran ternak.

“Selama hampir dua tahun berjalan, program UBSUS SIWAB ini sudah mulai terlihat dampaknya. Terbukti DIY mampu mencukupi kebutuhan hewan qurban. Bahkan sebagian dikirim ke luar daerah,” katanya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk