Car Free Day, Bebaskan Jalan dari Asap dan Sampah

Editor: Satmoko Budi Santoso

227

MAUMERE – Hari pertama pelaksanaan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor (Car Free Day/CDF), Sabtu (1/9/2018) pukul 06.00 WITA sampai pukul 19.00 WITA di ruas Jalan El Tari Kota Maumere, tergolong sukses dan banyak dimanfaatkan oleh warga yang berolahraga baik jalan kaki, lari, senam serta bersepeda.

“Kegiatan Car Free Day (CDF) ini merupakan tindak lanjut dari pengumuman Bupati Sikka Nomor: HK.005/158/VIII/2018 tanggal 28 Agustus 2018 tentang Kawasan Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD), yang ditandatangani oleh Penjabat Bupati Sikka Drs. Mekeng P. Florianus,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, Wilhelmus Sirilus, Sabtu (1/9/2018).

Masyarakat juga, kata Sirilus, dipersilakan untuk berjualan di trotoar sepanjang jalan El Tari yang dijadikan tempat Car Free Day asal memperhatikan kebersihan dengan menyediakan tempat sampah untuk membuang bekas sampah dan membersihkan arealnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka Wilhelmus Sirilus. Foto : Ebed de Rosary

“Sehabis berjualan harap dibersihkan sampah-sampahnya sehingga tidak mengotori areal Car Free Day dan dalam berjualan tidak mengganggu masyarakat yang sedang berolahraga,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorang, SIK menjelaskan, pelaksanaan Car Free Day merupakan usulan dari penjabat bupati Sikka yang suratnya ditembuskan kepada Polres Sikka. Pihaknya pun menyetujui dan terlibat dalam melakukan penutupan jalur jalan serta menempatkan petugas untuk berjaga di lokasi.

“Memang usulan berasal dari penjabat bupati Sikka dan kami juga merespon. Setelah dilakukan uji coba selama tiga hari sejak Rabu (29/8/2018) sampai Jumat (31/8/2018) dan berjalan lancar ,maka hari ini, Sabtu (1/9/2018) mulai dilaksanakan,” ungkapnya.

Polisi lalu lintas pun, kata Rickson, bersiaga di kedua ujung jalur jalan El Tari dan menutup jalan serta di pertigaan-pertigaan untuk mencegah kendaraan bermotor melewati jalan tersebut. Termasuk parkir di sepanjang ruas jalan El Tari selama waktu pelaksanaan Car Free day.

Disaksikan Cendana News, selama pelaksanaan Car Free Day, ruas jalan dipenuhi sekitar 500 warga yang berolahraga baik berjalan kaki, lari serta bersepeda santai kendaraan. Tampak belasan petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka dan aparat Polres Sikka berjaga di kedua sisi ruas jalan.

Kendaraan roda dua dan empat terlihat diparkir di kedua sisi badan jalan El Tari di perempatan jalan El Tari sebelah selatan dengan mengambil tempat di areal parkir pusat jajanan dan kuliner di sebelah timur serta kantor camat Alok dan Polsek Alok di sebelah barat ruas jalan.

Tampak beberapa pedagang makanan dan minuman berjualan di atas trotoar di sepanjang jalan yang dijadikan lokasi Car Free Day dengan menggunakan terpal sebagai tempat berteduh dan menyediakan kursi plastik sebagai tempat duduk.

Baca Juga
Lihat juga...